Wednesday 12 February 2014

Cornflakes kukis enak

Lebaran tahun lalu, aku sukses ketemu resep kukis cornflakes, tapi resepnya aku nga ingat nyimpan dimana. Ya udah, googling lagi dan dengan intuisi mulai memilih resep yang sesuai selera dan lagi pilihan jatuh pada resep yang ada di Cakefever, yang diperoleh dari blog Anne. Ini resepnya contek di Cakefever dan aku pakai setengah resep, karna ini versi pilot project. Klo sreg, lebaran nanti repnya dipakai. Untuk dokumentasi berikut resep asli dan yang aku modifikasi:

cookies cornflakes

Bahan-bahan:

400 gram butter kalengan ( 200 gr, aku pakai butter Orchid yang disimpan di dalam kulkas, kemasan kotak kertas karena itu yang ada)
200 gram gula pasir (100 gr)
400 gram terigu (200 gr, aku pakai terigu segitiga biru)
250 gram cornflakes
2 kuning telur (1 btr kuning tlr)
1 sdt vanili cair ( ½ sdt )

Cara membuat:

Kocok butter kalengan, gula, telur, dan vanili sampai putih. Lalu masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu hingga rata. Kurangi kecepatan mixer ke bagian yang terendah, lalu masukan cornflakes (klo aku, cornflakes masukkan kntong plastic, remas sebentar aja, jangan sampe halus, aduk sebentar dengan spatula). Jangan terlalu lama, karena cornflakes akan hancur. Bentuk adonan dengan tangan sesuai selera. Adonan pun siap dipanggang.

Sarannya Mbak Fe: Waktu panggang 15-20 menit tergantung seberapa besar adonannya dibentuk. Apinya 170 C atau sesuaikan dengan kondisi oven. Api yang terlalu besar akan membuat bagian alas cookies menjadi agak gosong. Aku mengunakan loyang yang diberi margarin lalu dialasi kertas minyak, untuk menghindari kue gosong dibottomnya. 

Hasilnya enak, hampir sesuai dengan yang diharapkan. Tekstur kuenya beremah lembut dipadu cornflakes yang crunchy, cukup pas dengan seleraku. Tapi agak beda aroma dan teksturnya dengan yang dulu pernah aku buat. Mungkin ini disebabkan krn aku dulu pakai butter Orchid yang kalengan.  

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...