Monday 7 April 2014

Penyebab bolu gulung retak



Bolu gulung (bogul) merupakan cake yang sensitive terhadap perubahan komposisi bahan dan proses pemanggangan. Proses pemanggangan yang kurang tepat akan menghasilkan kulit bolu gulung yang retak/pecah. Sehingga menghasilkan cake tidak bisa digulung karena tidak lentur lagi dan karena kehilangan kelembapannya.

Seperti halnya tipe sponge cake lainnya, kesalahan proses pemanggangan akan menghasilkan cake yang kering. Oleh sebab itu perhatikan bener-benar ketebalan cake dan luas cake yang akan dipanggang dan gunakan Loyang yang rendah. Loyang yang tinggi menyebabkan disrtibusi panas tidak merata dan memperlambat proses pematangan oleh sebab itu gunakan Loyang dengan tinggi 3 cm agar panas oven merata ke seluruh permukaan cake.


Berdasarkan pengalamanku dan karakteristik ovenku, untuk adonan bolu gulung dengan tinggi 3 cm dan luas Loyang 24x24x3cm gunakantau lebih besar dari itu gunakan suhu 200*C selama 15 sedangkan ukuran Loyang di bawah 24x24x3cm gunakan duhu 220*C selama 12 menit saja. Setelah itu matikan api bawah dan gunakan api atas dengan suhu 200*C sekitar 2 menit untuk semua ukuran Loyang. Jika dalam 2 menit permukaan cake masih belum menguning atau masih belum kering ketika disentuh, buka tutup oven dan teruskan memanggang sekitar 2 menit agar permukaan cake kering.

Permukaan cake yang tidak kering juga menjadi masalah. Pada saat menggulung permukaan cake yang tidak kering akan lengket ke sarbet atau kertas yang digunakan untuk menggulung dan tentunya kulit bogul sobek/lengket ini akan mengurangi ekstetika, apalagi kalo buat dijual.

Dulu, sebelum aku mempunyai oven listrik, aku mengunakan oven tangkring untuk membuat bolu gulung dan bukan suau hal yang mudah membuat bulu gulung menggunakan oven tangkring yang nga punya api atas apalagi nga punya thermometer oven. Saat itu aku menggunakan bara yang ditaruh di bagian atas oven tangkring, saaat proses pemanggangan ini benar-benar bikin deg-degan dan juga menguras energy. Hasil cakenya terkadang overbaking/terlalu kering sehingga retak ketika digulung, atau underbaking/belum terlalu kering permukaannya sehingga kulitnya terkelupas. Saranku bagi pengguna oven tangring yang niat banget bikin bolu gulung, setelah permukaan cake agar kekuningan segera buka tutup oven dan cek permukaan cake apakah sudah kering ketika disentuh. Tapi sebaiknya membuat Japaneseroll cake lebih baik mudah dibandingkan bolu gulung berkulit (tipe sponge cake) ketika kita mengunakan oven tangring.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...