Monday 28 November 2016

Nugget ayam: memanfaatkan roti tawar


Aku tipe orang yang nga tega membuang makanan. Kalo makan nasi selalu dihabiskan kecuali piring atau tulang ikannya hahaha. Apapun makanannya aku nga tega aja membuangnya kalo nga kadaluarsa atau basi. 

Tips ku kalo ada sisa makanan yang belum ekspire tapi nga ada seorangpun yang sudi memakannya lagi, aku akan cari di google resep masakan sederhana yang bahan diresepnya menggunakan makanan yang dibuang sayang itu.


Nah, kali ini ada roti tawar yang 1 hari lagi ekspire. Mikir-mikir enaknya mau dibikin apa ya, tuing.., akhirnya yang muncul gambar nugget di kepalaku. Kebetulan anak-anak suka nugget. Trus aku cek bahan-bahan lain juga ada. Ok, akhirnya ditetapkan kita bikin nugget. Resep yang aku gunakan adalah resep nugget NCC. Yuk mari dicoba bagi yang binggung roti tawarnya mau diapakan.


Mmmm..., nikmatnya nugget ayam ini..

Bahan:

250 gr daging ayam (buang tulangnya lalu blender)
3 buah roti tawar
100 ml susu cair
½ bawang bomba, Rajang halus
50 gr wortel, parut halus
50 gr keju cheddar, parut
Garam secukupnya
¼ sdt merica
1 butir telur ayam kampong
½ sdt bumbu kaldu ayam

Bahan kulit:
2 butir telur, kocok lepas
250 gr tepung roti


Cara membuatnya:


Blender semua bahan. Lalu masukkan kedalam Loyang persegi yang telah diolesi minyak agar tidak lengket. Kukus hingga matang kurang lebih 30 menit menggunakan api sedang. Dinginkan lalu potong kecil sesuai selera. Masukkan potongan nugget tersebut ke kocokan telur lalu lumuri dengan tepung roti yang sebelumnya telah ditaruh di piring. Nugget siap digoreng. Jika mau disimpan juga tinggal ditaruh difreezer.

Selamat mencoba dan menghargai makanan karena mereka sungguh berharga...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...