Laman

Wednesday 8 August 2012

Practise makes perfect III

Setelah dua yang pertama gagal, sambil ngasih Hanif ASI, aku mikir dan cari inspirasi kesalahannya ada dimana ya. Jika aku coba lagi dengan resep yang sama dan gagal lagi, wah mubazir banget itu. Think! Think!, akhirnya dapat ide pakai resep yang ada di sajian sedap kemarin aja (yang aku juga gagal bikinnya alias bantat).

Resepnya aku konversi mengunakan dua telur aja. Aku juga nga pake susu bubuk. Jadi kalo kali ini cakenya bantat lagi, kan nga bgt mubazir da kecewa banget. Berat dimodal bow :).

Selain itu aku putuskan untuk mensubtitusi margarine dengan minyak goreng. Karena aku fikir sulit mengemulsikan margarine dalam cairan telur sebab udah dua kali margarinnya tidak menyatu dengan telur, maka.

Ini resepnya (sajian sedap.com):
Oh iya, cara mengkonversinya mudah aja. Caranya, tinggal gunakan telur sebagai patokan, sebab hanya telur yang aku gunakan sebagai agen pengembang. Resepnya pakei lima telur, jadi bagi lima semua bahan. jika kita menggunakan satu butir telur, berarti kita menggunakan seperlima bahan yang ada pada resep. Karena aku pakai dua telur jadi aku pakai 2/5 dari bahan tersebut.

Bahan:
5 butir telur (aku pakai 2 telur)
1 sendok teh sp (aku nga pakai)
100 gram gula pasir (aku pakai 40 gr)
100 gram tepung terigu protein sedang (aku pakai 40 gr)
15 gram tepung maizena (aku pakai 6 gr)
10 gram susu bubuk (aku nga pakai)
75 gram margarin, dikocok lembut (aku pakai minyak goring, 30 gr)
(aku tambahkan sari jeruk lemon ke kocokan putih telur)
(aku pakai garam ½ sdt)
(aku pakai air matang 1 sdt)

Bogul ala chiffon cake
Cara membuatnya (versi aku): panaskan oven, karena aku pakai oven tangkring jadi api kompor aku stel maksimum. Pisahkan putih dan kuning telur. Kocok putih telur hingga kaku beserta perasan jeruk lemon, lalu masukkan gula secara bertahap, kocok sampai kaku, kental, dan berjejak di panci dan mixer. 

Di panci lain, kocok telur, garam, terigu, maizena, dan minyak. Karena aku lihat adonan kuning telur ini begitu kental lalu aku coba tambah air 1 sdt. Kemudian ambil 1/5 kocokan putih telur, masukkan ke adonan kuning telur, adok rata. Setelah itu masukkan adonan kuning telur ini bertahap ke kocokan putih telur, aduk balik. Masukkan ke loyang 22 x 22 x 4 cm. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang. penyelesaian, aku olesi pakai selai nanas, lalu gulung dengan sarbet.

Hasilnya mengembang mirip chiffon cake, mengembang, ringan, dan lembut, karena prosesnya aku mengadaptasi metode chiffon cake, hehe.  Sebab kalo buat chiffon cake, insya Allah belum pernah gagal :). Bagian atas dari cake ini nga rata, jadi aku akali pakai yang bottomnya aja untuk jadi kulit bogulnya, hohoho.., ngarang abis.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan memberikan komentar :)