Laman

Saturday 20 April 2013

Sponge cake kentang lembut

Sebelumnya aku sudah sering kali berekaprimen dengan sponge cake kentang, tapi masih belum pernah sukses. Kali ini masih mengandalkan buku resep favoritku, aku kembali bereksperimen dengan cake kentang lagi.

Awalnya aku ingin menguji resep aslinya dulu yang mengunakan teknik butter cake, tapi kerena kuning telur pecah ketika aku hendak memisahakan putih dan kuningnya, jadilah aku terpaksa langsung mengunakan teknik sponge cake, sayangkan kalo telurnya kebuang.

Karena aku sering gagal mencampurkan margarine leleh ke adonan sponge cake, maka aku mensubtitusi margarine dengan minyak goreng. Berikut  resep asli dan juga yang telah aku modifikasi:
 

Bahan:

60 gr minyak goreng
60 gr gula pasir
2 butir telur
¼ sdt vanili
50 gr kentang yang telah dikukus
30 gr terigu

Cara membuat:

Blender kentang bersama minyak goreng, sisihkan. Kocok gula, vanili, dan telur hingga kental berjejak, lalu masukkan terigu, mixer dengan kecepatan rendah. Setelah tercampur rata masukan campuran minyak dan kentang lalau mixer dengan kecepatan rendah sebentar saja. Cek dengan spatula dasar panci apakah minyak tidak mengendap. Jika telah rata masukkan ke loyang ukuran 16x16x3cm, panggang dengan api sedang selama 20 menit.

Hasilnya: sukses.. kali ini untuk menemukan sponge cake kentang yang enak dan ekonomis, sebelumnya masih gagal bisa lihat di sini dan sini . Tekstur cake ini benar-benar lembut dan ringan, cocok juga dibuat menggunakan cetakan muffin karena teksturnya ringan dan nga padat. Sedikit tipnya : karena komposisi kentang pada resep ini cukup dominan maka pilihlah kentang yang berkualitas benar-benar bagus. Kebetulan kentang yang aku gunakan bagus, baik itu dalam rasa, tektur, dan aroma, kentang ini tidak terasa langu di lidah. Namun perlu diketahui tekstur cake kentang ini nga kokoh dan nga bisa dijadikan base untuk cake yang didekor dengan butter cream tapi untuk whipcream aku rasa bisa.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan memberikan komentar :)