Wednesday 2 January 2013

Molen Coklat pisang keju lagi

Masih dalam rangka uji coba resep molen panggang, kali ini aku nyoba resep yang pakai dikit lemak, tapi mengunakan telur. Resepnya nemu di sini. Karena keamrin aku pakainya terigu protein tinggi dan aku berasumsi resep ini juga pakai terigu protein tinggi, baiklah kita uji coba resepnya apakah benar pakai terigu protein tinggi juga. Karena takut gagal aku pakai setengah resep aja. Ok, ini resepnya:

Bahan Kulit :
500 gram terigu
10 gram garam
15 gram gula pasir
1 telur
200 ml air dingin
20 gram margarin
Bahan Isi :
4 buah pisang di kukus matang lalu potong-potong 10 cm
50 gram keju cheddar, dipotong sesuai panjang
Bahan Olesan :
2 kuning telur
Cara Membuat :
1. Adonan kulit dicampur semua jadi satu, aduk rata.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis, istirahatkan 15 menit dalam kulkas.
3. Giling adonan bentuk persegi 10x10cm dengan tebal 1/2cm.
4. Tata potongan pisang dan keju.
5. Lipat rapi dengan lipatan di bagian bawah.
6. Susun di loyang 12x24x4cm yang telah diolesi margarin.
7. Kocok bahan olesan, oleskan ke adonan, lalu oven sampai matang.

Hasilnya; Ada firasat nga enak nih saat menggilas adonan kok adonan kulitnya rada elastis ya, but cueks aja, lanjut mang. Senangnya saat di oven molennya gendut-gendut. Setelah dingin dan aku coba kok keras ya. Trus aku ingat pernah baca kalo adonan terigu terlalau lama di aduk hingga kalis dan menyebabkan adonan itu elatis karena telah terbentuk gluten, gluten yang terbentuk inilah yang akan menghasilkan adonan kulit molen yang keras, ditambah lagi aku makainya terigu protein tinggi trus adonan nga aku istirahatkan di kulkas. Mmmm telat menganalisanya, uadah kejadian baru ingat, huhu kebuang deh molennya....

So, lain kali jangan diaduk berlama-lama, kalo bisa nga usah pakai tangan agar gluten nga terbentuk. Untuk resep ini seharusnya memang mengunakan terigu protein sedang karena resepnya mengunakan persentase air yang banyak, lemak sedikit, dan mengunakan telur, dimana keemua unsur ini akan mempercepat pembentukan gluten pada adonan (analisaku lo...).  Dari cari-cari di web ada juga bilang adonan yang telah jadi juga sebaiknya diistirahatkan dalam kulkas agar dapat merehatkan gluten dan mengurangi penyusutan

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...