Wednesday, 19 September 2012

Rahasia agar cake lembut



Aku sering heran kenapa cakeku kering, gersang, nga lembab, dan nga lembut. Dengan seringnya aku berpraktek dan seringnya menghasilkan cake yang diluar ekspektasi maka nalarku makin jalan dan makin cerdas (ciee.., dulu emang nga punya ilmu sama sekali soal baking). Firasatku mengatakan kalo cake yang kering ini karena overbaking.


Searching di google penyebab utama cake kering dan nga lembut pada umumnya memang karena kelamaan dipanggang atau overbaking.
seperti yang aku kutip dari duncanhines.com :  “The main reason cakes become dry is they are over-baked. As a rule, check the cake at the shorter end of the baking time range. If your cake doesn't test done with a toothpick, return it to the oven for the full baking time". 

Ternyata benarkan, sesaat setelah cake matang maka langsung dikeluarkan dari oven jika tidak kadar air yang ada pada cake akan menguap dan  mengahasilkan tekstur cake seperti yang aku katakan tadi, kering kerontang, seret. Oleh sebab resep yang baik dan lengkap semestinya mencantumkan, lama memanggang, tempertur oven, dan ukuran loyang. Jadi sebaiknya cake di cek beberapa detik sebelum waktu pemanggangan yang telah ditentukan di resep. Biasanya gunakan bambu tusuk gigi untuk memastikan bagian dalam udah matang dan tidak lengket di bambu tusuk gigi.

Aku penyuka cake dengan tekstur yang moist begitu juga suamiku. Jika cakeku moist dan soft maka dijamin akan disantap habis suami, jika kering jangan harap aka nada suapan kedua, hiks sedih. So, motivasi terbesar menghasilkan cake yang moist buat suami (lantaran hobby baking dan suami nga terlalu suka cake, maka ia hanya menyantap cake yang benar-benar enak menurutnya).

Dengan terus bertanya ke paman google maka ketemu lah jawaban apa rahasia cake lembut di answers.yahoo.com. Ada beberapa bahan yang dapat digunakan agar cake menjadi lembut diantaranya:
  1. Ganti/subtitusi sebagian kecil (bisa satu sendok makan) lemak (minyak, margarin, mentega/butter) yang tercantum pada resep cake dengan saus apel, puree pisang atau puree buah. kebanyakan dari puree ini tidak memepengaru rasa cake. pisang akan mempengaruhi rasa tapi apel tidak. 
  2. Tambahkan puding bubuk (pudding mix) sekitar 1 sdm untuk resep dengan 6 telur.
  3. Tambahkan jumlah kuning telur ke adonan agar cake lebih lembut, 1 kuning telur untuk resep sponge cake  6 telur.
  4. Tambahkan beberapa gram mayones. Ini tergantun dari tipe cakenya, untuk lapis surabaya biasanya aku tambahkan 1 sdt, untuk resep dengan 6 telur.
Dari hasil uji cobaku, puding dan mayones akan membuat cake lebih lembut dan kaya rasa, tapi tidak mempengaruhi rasa. Dengan melakukan beberapa uji coba dan eksperimen bahan yang berbeda, mungkin akan ditemukan sebuah cake yang lembut yang cocok dengan selera masing-masing. Happy baking dan semoga berhasil menemukan tekstur cake yang lembut...

4 comments:

Niken Yuanita Larasati said...

Terima kasih ilmunya mba.. sgt bermanfaat. Saya mw tanya. Pudding mix nya takarannya berapa ya? Rasa apa?

Naila hari said...

Dari yang pernah saya coba, sendok teh atau paling banyak 1 sdm mbak. Pengalaman saya lebih mantap pakai mayones dan takarannya juga 1 sdt saja, hasilnya lebih lembut karena mayones mengandung kuning telur.., semoga membantu mbak...

amelia saputra said...

Salam kenal mba..mau nanya itu pilih salah satu ato semua dipake dlm satu resepp

amelia saputra said...

Salam kenal mba..mau nanya itu pilih salah satu ato semua dipake dlm satu resepp

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...