Wednesday 19 September 2012

Rahasia agar cake lembut



Aku sering heran kenapa cakeku kering, gersang, nga lembab, dan nga lembut. Dengan seringnya aku berpraktek dan seringnya menghasilkan cake yang diluar ekspektasi maka nalarku makin jalan dan makin cerdas (ciee.., dulu emang nga punya ilmu sama sekali soal baking). Firasatku mengatakan kalo cake yang kering ini karena overbaking.


Searching di google penyebab utama cake kering dan nga lembut pada umumnya memang karena kelamaan dipanggang atau overbaking.
seperti yang aku kutip dari duncanhines.com :  “The main reason cakes become dry is they are over-baked. As a rule, check the cake at the shorter end of the baking time range. If your cake doesn't test done with a toothpick, return it to the oven for the full baking time". 

Ternyata benarkan, sesaat setelah cake matang maka langsung dikeluarkan dari oven jika tidak kadar air yang ada pada cake akan menguap dan  mengahasilkan tekstur cake seperti yang aku katakan tadi, kering kerontang, seret. Oleh sebab resep yang baik dan lengkap semestinya mencantumkan, lama memanggang, tempertur oven, dan ukuran loyang. Jadi sebaiknya cake di cek beberapa detik sebelum waktu pemanggangan yang telah ditentukan di resep. Biasanya gunakan bambu tusuk gigi untuk memastikan bagian dalam udah matang dan tidak lengket di bambu tusuk gigi.

Aku penyuka cake dengan tekstur yang moist begitu juga suamiku. Jika cakeku moist dan soft maka dijamin akan disantap habis suami, jika kering jangan harap aka nada suapan kedua, hiks sedih. So, motivasi terbesar menghasilkan cake yang moist buat suami (lantaran hobby baking dan suami nga terlalu suka cake, maka ia hanya menyantap cake yang benar-benar enak menurutnya).

Dengan terus bertanya ke paman google maka ketemu lah jawaban apa rahasia cake lembut di answers.yahoo.com. Ada beberapa bahan yang dapat digunakan agar cake menjadi lembut diantaranya:
  1. Ganti/subtitusi sebagian kecil (bisa satu sendok makan) lemak (minyak, margarin, mentega/butter) yang tercantum pada resep cake dengan saus apel, puree pisang atau puree buah. kebanyakan dari puree ini tidak memepengaru rasa cake. pisang akan mempengaruhi rasa tapi apel tidak. 
  2. Tambahkan puding bubuk (pudding mix) sekitar 1 sdm untuk resep dengan 6 telur.
  3. Tambahkan jumlah kuning telur ke adonan agar cake lebih lembut, 1 kuning telur untuk resep sponge cake  6 telur.
  4. Tambahkan beberapa gram mayones. Ini tergantun dari tipe cakenya, untuk lapis surabaya biasanya aku tambahkan 1 sdt, untuk resep dengan 6 telur.
Dari hasil uji cobaku, puding dan mayones akan membuat cake lebih lembut dan kaya rasa, tapi tidak mempengaruhi rasa. Dengan melakukan beberapa uji coba dan eksperimen bahan yang berbeda, mungkin akan ditemukan sebuah cake yang lembut yang cocok dengan selera masing-masing. Happy baking dan semoga berhasil menemukan tekstur cake yang lembut...

15 comments:

Niken Yuanita Larasati said...

Terima kasih ilmunya mba.. sgt bermanfaat. Saya mw tanya. Pudding mix nya takarannya berapa ya? Rasa apa?

journal ibu hanif said...

Dari yang pernah saya coba, sendok teh atau paling banyak 1 sdm mbak. Pengalaman saya lebih mantap pakai mayones dan takarannya juga 1 sdt saja, hasilnya lebih lembut karena mayones mengandung kuning telur.., semoga membantu mbak...

Unknown said...

Salam kenal mba..mau nanya itu pilih salah satu ato semua dipake dlm satu resepp

Unknown said...

Salam kenal mba..mau nanya itu pilih salah satu ato semua dipake dlm satu resepp

Unknown said...

Utk segala jenis cake apa sj boleh ditambahkan mayonise 1sdt per 6bj telur yah, apa tdk mengubah rasax sis

Unknown said...

Waduuh,,, keluar dari pakem,,

Unknown said...

Salam kenal mba saya mau tanya untuk penambahan puding bubuk atau mayonaise itu saat kapan ya, bisa gk di kasi recommended merk untuk bubuk puding dan mayonaise nya

Unknown said...

Apa kalau di kasih mayonnaise tp takaranya 1sdm bisa efek ke rasa cake jd agak ada rasa pahit dikit. Soalnya pernah coba kasih 1 sdm mayonnaise hasilnya mmg cake jd lembut tp kok ada rasa pahitnya ya walau rasa pahitnya gk gitu kerasa.

Unknown said...

ok makasih tipsnya

Unknown said...

Puding mix ny sprt ap ya... boleh mntk resep cake ny?

Yuli said...

Hai... untuk resep silahkan lihat di tabel resep lapis surabaya mba..
happy baking mba...

Just a blogger said...

Hai, mba...
Di atas kan bahasannya ttg kue yg dipanggang. Kl kue yg dikukus hasilnya jadi seret itu kira2 kenapa ya? Cari2 di google gak nemu2. Trm kasih

Cecep sang CheF said...

Terima kasih Ilmu ilmunya mbak

Unknown said...

sy buat bolu kukus kenapa y kq jdnya kering dan seret

@moyna_cookies said...

Terima kasih ilmunya. 😊

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...