Friday 4 January 2013

Bolu kemojo enak dan lembut

Bolu kemojo merupakan salah satu kue tradisional asal Riau. Sama halnya dengan bingke jagung, aluo tolo, dan khasidah bolu kemojo punya cita rasa yang sangat manis (aku pecinta kue manis tapi nga suka yang terlalu manis).  Selama ini aku belum pernah bikin, cuma membeli untuk dijadikan oleh-oleh atau saat setiap ada acara besar di rumah.  Meski masih bernama bolu kemojo, setiap penjual punya karakteristik tekstur bolu kemojo yang beda, ada yang padat, ada yang sedikit lembut, dan ada yang sangat lembut. Sedangkan aku lebih prefer dengan tekstur yang sangat lembut. 

Lama aku mencoba menganalisa bagaimana ya komposisi bahan agar tercipta tektur bolu kemojo yang super moist itu. Trus aku coba googling dan nemu resepnya di sini, dan ini sedikit aku modifikasi:

Bahan:
- 7 butir telur (aku: 4 butir)
- 1/2 kg terigu (aku: 270 gr)
- 2 liter santan kental (aku: 800 ml santan kental dari 2 butir kelapa)
- 1/2 kg gula pasir (aku: 250 gr)
- daun pandan untuk pewarna hijaunya (aku: 200 ml juice pandan dari 30 lembar daunpandan)
- sedikit mentega (dicairkan) (aku: 2 sdm minyak goreng dan 3 sdm margarin leleh)

Cara membuat:
Telur dan gula diaduk;
Masukan santan, tepung, dan margarin cair, aduk sampai rata;
Panaskan cetakan;
Tuangkan adonan kedalam cetakan dan dioven selama 45 menit pada suhu 175 *Celcius, dengan panas yang merata di atas dan bawah. Nah, ini aneh nya aku memanggangnya  dengan api sedang di rak tengah oven
sampe 2 jam lebih baru masak. Lain kali aku coba manggang di rak bawah aja atau pake cetakan yang langsung ditangkringin di atau kompor.

Hasilnya : hampir sesuai harapan, saat masih hangat tekturnya moist banget tapi pas dah dingin rada padat tapi tetap lembut. Lihat gambar zoom berikut terlihat masih tetap moistkan walau udah seharian. Overall, enaknyee..., ai..ai..ai.. tak sodo lah 10 korat raib...., mmm tak payah la besok-besok boli.. (*hemat mode on*)

Oh iya, ini ada resep lainnya yang nemu belakangan, yang menurut hipotesa semantaraku, teksturnya lebih moist dari resep yang di atas. Nih resepnya:

Bahan:
Telur ayam 6 butir
Santan 3 gelas ditambah air pandan
Margarin 250 gram
Tepung segitiga 300 gram
Gula 250 gram garam 1/2 sendok teh
Vanili secukupnya

Cara membuat Bolu Kemojo :
Telur dan gula diaduk;
Masukan santan, tepung, dan margarin cair, aduk sampai rata;
Panaskan cetakan;
Tuangkan adonan kedalam cetakan dan dioven selama 45 menit pada suhu 175 derajat Celcius, dengan panas yang merata di atas dan bawah.
 


4 comments:

Indonesia Eats said...

Pin ini resep deh. Makasih resepnya

journal ibu hanif said...

Silahkan Mbak Pep.., smg bermanfaat.

Vidya lidya said...

Ini aduknya pakai mixer atau pakai spatula aja mba?

Midland Mac Repair said...

Thankks for sharing

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...