Sunday 13 January 2013

Rainbow Cake Enak

Latah yang berkelanjutan...., tapi lebih tepatnya disebut "masih penasaran" untuk menaklukkan si rainbow cake ini. Kali ini aku coba pakai resep yang di vemale.com, ini adalah resep Martha Stewart yang udah dimodifikasi dengan mengurangi jumlah terigu dan menambahkan sedikit jumlah menteganya.

Kali ini akupun akan memodifikasi secara signifikan resep ini. Nah kali ini tricky baget untuk mempermudah pembuatan dan mempersingkat waktu, berhubung aku Cuma punya dua loyang dan dua kompor, dan dua panci kukusan, jadi untuk satu resep ini adonan mentega aku buat sekali batch, dan putih telur dalam 3 batch. 

Ok, mari kita berrainbow cake ria: 
Bahan:
375 gram tepung terigu (aku: 480 gr terigu protein rendah)
Aku: 75 gr maizena
Aku: 45 gr susu bubuk full cream
5 butir telur, ambil putihnya saja (aku: 9 butir ukuran sedang, ambil putihnya saja)
4 sdt baking powder (aku: 1.5 sdt BP double acting)
1/2 sdt garam (aku: ¾ sdt garam halus)
250 gram mentega tanpa garam, (aku: 390 gr, potong dadu diginkan dikulkas)
450 gram gula pasir (aku: 630 gr, 330 gr nya  di blender halus untuk dicampur ke mentega, sisanya bagi dua dalam 3 gelas, yang masing-masingnya 100 gr untuk dicampur ke adonan putih telur)
2 sdt vanila bubuk (aku: 1.5 sdt)
350 ml susu cair (aku: aku 540 ml)
Mentega untuk mengoles loyang
Pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya
Buttercream lemon untuk Rainbow Cake

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven sampai 175 derajat celsius.
  2. Siapkan loyang ukuran diameter 23 cm, oles dengan mentega. Anda bisa memakai 6 loyang langsung atau satu persatu menggunakannya untuk memanggang 6 lapis warna yang berbeda.
  3. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam, sisihkan/
  4. Mixer mentega dan gula, tambahkan putik telur dan kocok hingga tercampur rata dan mengembang.
  5. Tambahkan vanili bubuk, kemudian masukkan tepung hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan susu.
  6. Bagi adonan menjadi enam bagian, beri masing-masing pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang, panggang selama 15 menit,
  8. Setelah matang, keluarkan kue dan dinginkan di atas rak kue selama 10 menit. Jika bagian atas kue menggembung, potong dengan pisau kue bergerigi agar permukaannya rata.
  9. Beri alas kue pada meja atau meja putar khusus kue yang akan Anda pakai untuk menumpuk Rainbow Cake.
  10. Mulai dari cake warna ungu, letakkan di bagian bawah, beri lapisan buttercream dengan bantuan spatula, lalu tumpuk dengan cake warna biru. Lakukan seterusnya dengan urutan ungu - biru - hijau - kuning - jingga - merah.
  11. Tutup semua bagian Rainbow Cake dengan buttercream yang tersisa. Tunggu hingga buttercream mengeras, kira-kira 30 menit.

Cara membuat versi aku:
Adonan mentega:
Siapkan 6 lembar kertas roti yang telah dipotong seukuran dasar loyang. Olesi dua buah loyang bundar diameter 22cm alasi dasarnya dengan kertas roti, sisihkan. Campur susu cair dengan vanili, aduk rata. Ayak terigu, susu bubuk, maizena, baking powder, dan garam hingga tercampur rata, sisihkan. Kocok mentega bersama gula yang telah diblender (tunggu gula dingin dulu karena gula yang blender akan panas dan bisa melelehkan mentega) hingga creamy. Kemudian masukkan dan mixer dengan kecepatan rendah campuran terigu secara bertahap yang diselingi dengan susu cair hingga seluruh terigu dan susu cair habis. Kemudian bagi tiga sama banyak adonan ini untuk mudahnya kita sebut bagian A, B dan C. Kemudian  bagian B dan C simpan dalam kulkas (tujuannya agar baking powder tidak bereaksi), boleh juga ditaruh di tempat yang sejuk. Kemudian Panaskan dandang kukusan dengan api sedang.

Adonan putih telur:
Batch pertama, untuk 2 loyang:
Kocok 3 buah putih telur dengan 100 gr gula pasir hingga softpeak. Lalu masukkan putih telur ini ke dalam adonan A dalam 2 tahap lalu aduk perlahan dengan whisk hingga rata. Lalu bagi dua adonan ini sama banyak. Lalu beri masing-masingnya perwarna merah jambu dan orange. Kukus selama 12 menit. Jangan lupa tutup dandang di kasi kain atau serbet kering untuk menampung uap air agar tidak menetes ke cake selama pengukusan.

Batch kedua, untuk 2 loyang:
Sambil menunggu batch pertama matang, keluarka adonan B dari kulkas. Siapkan putih telur. Setelah 12 menit keluarkan cake dari kukusan. Kecilkan api kompor. Dinginkan 5 menit kemudian balik, dan gunakan kembali loyang ini untuk batch ke dua,yang juga diolesi margarine dan dialasi kertas roti. Lalu ikuti cara yang sama dengan batch pertama, sebelumnya pastikan adonan B telah berada pada suhu ruang untuk mencegah kebantatan,hehehe. Lanjutkan dengan memberi warna kuning dan hijau.

Batch ketiga, untuk 2 loyang:
Sama dengan langkah batch kedua dengan member warna biru dan ungu.

Frosting Cream cheese homemade:
Bahan:
200 gr hollman softcream
200 ml dairy whipcream
100 ml susu cari fullcream
180 gr keju cheddar, parut.
400 gr blue band margarine
50 ml susu kental manis putih

Cara:
Masak dengan api kecil keju, whipcream, dan susu cair hingga keju larut, matikan api, dinginkan. Setelah dingin mixer dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Lalu masukkan softcream, margarine, dan susu kental manis. Mixer hingga creamy. Cream siap digunakan.

Hasilnya: enak, lembuuut, mmm yummy kalah deh rainbow cake yang di pasaran (hahaha bikin ndri muji ndri), kunci rainbow cake yang enak ada pada frosting cream cheesenya.  gunakan bahan-bahan kualitas baik, ya memang agak mahal sih. Trus tipsnya, karena base cakenya hanya menggunakan putih telur sebaiknya gunakan mentega dengan kualitas bagus, aku gunakan cream butter merek orchid bisa juga wijsman lebih enak lagi. Sehingga kompensasi dari tidak mengunakan kuning telur akan terimbangi dan rasa cakenya jadi enak.

7 comments:

Pencil Kitchen said...

I love the pastel look on this! :) Can't wait to make and create another rainbow cake soon!

journal ibu hanif said...

Thanks for your visiting n your appreciation. You know, your blog is my favorite one..

Unknown said...

Bagus bangeeeeeet bun,,,saya suka,,,,,mau nyontek dan ijin share ya bun,,,,makasih sebelumnya moga di limpahkan banyak Rezekinya amin :-)

journal ibu hanif said...

Hai mbak ainnul, makasih. silahkan mbak.., blog ini memang ku dedikasikan untuk yang hobi baking. amin untuk doanya hehe..

journal ibu hanif said...

Hai mbak ainnul, makasih. silahkan mbak.., blog ini memang ku dedikasikan untuk yang hobi baking. amin untuk doanya hehe..

santi said...

Mba naila... Dairy creamnya buat Frosting Cream cheese homemade pake apa yg enak & mudah didapat di bandung. Hehehe

journal ibu hanif said...

Hai Mbak Santi, salam kenal :), saya pakai merek greenfield mbak, lebih cocok untuk frosting karena aromanya nga anyir.., di Bandung ada nga ya? Kalo di Padang saya saya beli di Foodmart..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...