Tuesday 15 January 2013

Soft Dough Pizza: so yummy

Lagi ada paprika, keju, sosis, dan nenas di kulkas dan mereka seolah-olah memelas untuk minta digunakan. Mmm..., dengan membayangkan bahan-bahan ini tiba-tiba di otakku terlintas pizza. Oh no, ntah kekuatan apa yang langsung mengerakkanku dengan cekatan searching di google dan nemu deh aneka resep pizza. Tapi kok semua pakai oregano. Duh tiba-tiba kok jadi pingin urungkan niat aja. Hey tunggu, suara di pikiranku, kali aja saos bolognese bisa digunakan, ayo searching. Eh, berenaran, banyak juga bertaburan bolognese pizza. Duh senangnya aku, saos bolognese yang udah lusuh dipojok kulkas karena udah hampir 5 bulan terabaikan, akhirnya  terjamah juga.

Aku lebih prefer ke yang soft dough pizza. Nah resepnya aku lihat di blognya mbak rina rinso, dan sedikit aku modifikasi:



Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan (aku: 1/2 sdt peres, adanya cuma segitu)
20 gr susu bubuk (aku: nga pakai)
200 ml air es (aku: 220 ml susu cair fullcream dingin)
50 gr mentega putih
(aku: 3 sdm minyak sayur)
1 sdt garam
(aku: sengaja nga pakai karena aku cuma pakai dikit ragi, takut raginya mati kalo ditambahkan pula garam)
aku: 1/2 sdt baking powder double acting
Cara membuat (ala mbak rinanya) :
  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit.
  3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya.
  5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (aku kemarin pakai aus bolognaise sisa saus spaghetti), taburi dengan topping sesuka hati (kemarin aku pakai bawang bombay, paprika hijau, sosis ayam dan tuna kaleng, kemudian di atas tuna aku kasih sedikit mayones) dan taburi dengan keju mozzarela parut. Oven lagi selama 10menit sampai matang.
Cara versi aku:
Larutkan gula dan baking powder double acting dengan susu cair dingin, masukkan ke dalam panci yang berisi terigu aduk sampai tercampur, kemudian tambahkan minyak. Aduk hingga kalis, tutup panci dengan sarbet basah. diamkan 1 jam 30 menit. ambil adonan sebesar tinju, gilas tipis, rapikan pingirnya lalu beri saos bolognese bagian tengah, kemudian isi dengan sosis, paprika, dan nenas. panggang di loyang rendah atau loyang kue kering hingga matang dengan api sedang. setelah dasar roti coklat, keluarkan taburi keju quick melting. Panggang lagi 10 menit.

Hasilnya: Subhanallah, enak ternyata. nga kalah deh sama pizza yang dipasaran bener kata mbak rina. Wah, nga bakal beli pizza nih...




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...