Sunday 5 August 2012

Sponge cake pandan



Cake pandan selalu ngangenin, mengingatkanku indahnya saat hari lebaran. Aroma cake pandan memang bisa menenangkan hati disamping rasa yang juga gurih dan enak. Mmm nikmatnya jika dipadu dengan secangkir teh hangat di pagi hari. Untuk resep ini sebenarnya nga ketemu. Lucunya aku, waktu menyalin resep dan mengutak-ati, komposisi bahannya nga aku cantumkan.

Sehingga ketika ingin sekali nyicipi kembali cake pandan dengan cita rasa dan tekstur seperti ini masih juga belum berhasil. Sampe akhirnya setelah beberapa kali uji coba baru nemu dengan tekstur yang mirip ini, bisa lihat di sini. Namun untuk resep yang ini tuliskan jumlah santannya lebih banyak dibandingkan resep uji coba yang telah sukses itu, karena jika dilihat dari teksturnya cake ini masih lebih lembut.

Cake pandan

Bahan
5 butir telur ukuran sedang
200 gram terigu
190 gram gula
13 lembar daun pandan ditambah 50 ml air, diblender, ambil sarinya (aku: 50 ml)
80 ml santan kental
 ½ sdt garam (larutkan bersama air santan)
50 ml minyak goreng

Cara Membuat
Panaskan oven dengan temperature 160*C, lalu olesi loyang  26x26x5 cm dengan margarine dan alasi dengan kertas roti, sisihkan. Kocok telur dan gula pasir hingga putih, mengembang, dan kental berjejak (terlihat berjejak spiral saat dimikser). Lalu masukkan terigu yang telah diayak dan campuran santan secara bergantian sampai habis dengan speed rendah. Terakhir, masukkan minyak ke dalam adonan, juga gunakan speed rendah (tapi jangan kelamaan mixernya, cukup 10 detik aja), kemudian cek dasar panci dengan spatula untuk memastikan ada tidaknya endapan minyak/santan. Tuang kedalam loyang dan panggang hingga matang.



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...