Monday 18 February 2013

Pandan Butter Cake: yummy..!

Ada sunflower seed margarine yang udah hampir dekat expire, mana beratnya 500 gr lagi, ada dua buah lagi *guruk kepala*. Aku binggung sebanyak itu enaknya dibuat apa, kalau lapis legit mah nga enak kalo nga dari butter. Akhirnya ku putuskan bikin pandan butter cake aja. Resepnya aku lihat di sini, dan seperti biasa aku utak atik agar bisa semaksimal mungkin mengunakan sunflower seed margarine ini.

Ada kejadian yang sempat bikin aku terkejut, kerena aku bikinnya dadakan dan nga dicatat dulu, yup terjadi kesalahan fatal. Mestinya gula pasir tidak semuanya aku blender dan dimasukkan ke kocokan margarine, tapi dibagi dua separuhnya dikocok bersama putih telur. Karena gula yang dikocok bersama putih telur akan menyokong struktur dari adonan putih telur dan mengikat udara yang telah dimasukan saat pengocokan. Makanya akhirnya aku tambahkan 1 sdm gula pasir saat mengocok putih telur kalo kebanyakan takut kemanisan. Namun, hasilnya tetap enak lo bahkan aku dapat pesanan dari dua orang tetangga setelah malamnya itu kue aku bagikan ke tetangga, katanya enak banget. OK, ini resepnya:

Ingredients
250g butter (aku : sunflower seed margarine 350 gr)
200g sugar (aku: 240 gr gula pasir diblender + 4 sdm susu kental manis)
4 eggs (aku: 5 butir, pisahkan kuning dan puithnya)
250g plain flour (aku 260 gr + 40 gr tepung maizena)
5g baking powder ( aku: 1 sdt peres BPDA)
100ml milk (aku : 2 sdm munjung susu bubuk full cream + 120 ml air)
Aku: 80 gr keju cheedar
Aku: 80 ml juice pandan (blender 15 lembar daun pandan+ 150 ml air, ambil 80 ml nya)
Aku: 1 sdm gula pasir untuk dicampur ke putih telur
50g p.seeds
1/4 tsp pandan essence (aku : 3 tetes untuk marble hijaunya)

Method
Preheat oven to 160C, greased and line a 7" baking pan
Beat butter and sugar till creamy. Add in eggs, one at a time, beating well after each addition
Fold in sifted flour and baking powder, then stir in fresh nilk, mix to forms batter
Divide batter into two portions, add in p.seeds and pandan essence separately, mix well
Spread p.seeds batter into prepared pan, follow with pandan batter. Bake it in oven for 50-60 mins or until cooked.

Cara membuat versi aku:
Olesi loyang 22x26x6 cm denagn margarine lalu beri kertas minyak. Ayak bahan kering, sisihkan. Blender susu yang telah dilarutkan dengan air bersama keju, sisihkan. Mixer margarine, gula, dan susu kental manis hingga creamy, masukkan campuran keju yang tadi diblender, kocok lagi hingga tercampur rata kira-kira 5 menit.

Lalu masukkan kuning telur satu-persatu kocok lagi hingga mengembang. Masukkan dalam 3 tahap bahan kering yang selingi dengan air pandan, kocok dengan kecepatan rendah saja dan sebentar saja agar glueten tak terbentuk, sisihkan.

Kocok putih telur hingga setengah mengembang masukkan 1 sdm gula pasir lalu kocok hingga soft peak. Lalu campur kocokan putih telur ini ke adonan margarine dengan cara aduk balik (seperti dugaanku adonan putih telurnya tidak kokoh dan gelembung udara yang terbentuk pecah saat diaduk ke adonan margarine).

Tuang ke loyang, tapi sisakan kira-kira 300ml unutk dicampur dengan 3 tetes esen pandan unutuk marblenya. Bakar dengan temperature 160*C selama 1 jam, atau kenali oven masing-masing. Catatan; api yang besar akan menyebabkan bagian tengah cake akan berkubah dan retak, mirip puncak gunung yang meletus, hehe.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...