Sunday 17 February 2013

Pandan Chiffon cake : flowers cake

Ini sebenarnya cake yang aku bikin pakai loyang chiffon yang bolong ditengahnya. karena cakenya menyusut dan nga terlihat menarik makanya aku olesi butter cream diluar dan bagian tengahnya juga aku isi butter cream dan tadaaa.... jadilah, flowers cake, cantik lo aslinya (ini ide dadakan tapi nga mengecewakan). Ini resepnya yang aku lihat di sini dan aku modifikasi:



Bahan:
Bahan A:
6 putih telur
1/2 sdt cream of tartar (aku: ganti perasan jeruk nipis, 1 sdm)
150 gr gula pasir halus
BahanB
6 kuning telur
150 gr gula pasir halus (aku: 100 gr)
260 gr tepung terigu bergluten rendah (aku: 240 gr terigu protein sedang )
Aku: 20 gr maizena
1 1/4 sdt baking powder (aku: nga pakai)
120 cc minyak goreng (aku: 100 gr)
5 lembar daun pandan
10 lembar daun suji

125 cc air ( blender bersama daun pandan dan suji hingga air mencapai 150 cc )
Aku: 80 ml juice pandan (blender 20 helai pandan dengan 150 ml air)
Aku: 200 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 garam

Cara membuat:
Kocok semua bahan A dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata kurleb 5 menit (kalo aku urutannya mixer dengan kecepatan rendah santan, air pandan, garam, dan gula hingga gula larut, kemudian masukkan bahan kering, aduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan kuning telur satu per satu, dan terakhir masukan minyak goreng) sisihkan.

Kocok putih telur, cream of tartar (aku: air jeruk nipis) hingga berbusa masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus di kocok, hingga mencapai soft peak.

Campurkan adonan bahan A ke adonan B dalam 4 tahap, aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur rata.
Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 18cm, diameter atas 23 cm. (Loyang chiffon jangan diberi margarine dan dioles kertas roti, tapi sukup dimasukkan sebentar sekitar 2 menit ke oven, baru dituangi adonan)
Oven 160 degrees C, selama 65 -75 menit. (Jika pakai oven tangkring, pastikan api kompor tidak besar, jika api besar cake akan menjulang di dalam oven dan menciut saat keluar oven)

1 comment:

Food and story said...

Hi hari, terima kasih sudah mampir , salam kenal kembali. Ternyata kue cantik ini dalemnya chiffon ya. lubang bagian tengah nya di tutup memakai butter cream kah. hug from Doha

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...