Saturday 16 February 2013

Tropical green forest cake: sekalian kampanye go green

Riau provinsi kelahiranku, jika dilihat dari ketinggian saat akan landing dan take off sejauh mata memandang kita akan di suguhi pemandangan “hutan sawit” yang homogen. Miris sekali aku melihatnya. Kemana perginya biodiversity kebanggaan bangsa ini.

Semenjak tahun 1982-2007 daratan utama Riau kehilangan hutan asli sebesar 65%, dari 6.420.499 ha menjadi 2.254.118 ha . Alih fungsi hutan alam Riau yang telah mengalami deforestasi tersebut didominasi oleh perkebunan kelapa sawit, dalam kurun waktu 1982-2007 daerah yang dulunya hutan alam telah dialihfungsikan ke perkebunan kelapa sawit sebesar 28,7% (Uryu dkk., 2008, hihi pake pustaka lagi..). Ketamakan pemegang kekuasan itu, konsesi-konsesi itu, gaya hidup yang nga peduli lingkungan menjadikan alam berduka.

Lah kok jadi berorasi, ini nih gara-gara si cake ini yang terlihat cantik meski simple, ya.. karena ada nuansa hijau yang menyejukkan, trus terfikir deh aku kasih namanya Tropical green forest cake (penampakan aslinya lebih cantik, ini aku hampir lupa motretnya, ya jadinya dipotret saat udah dikotakin, karena cake ini harus dibawa). Mau coba, ini resepnya dan ini juga resep yang aku gunakan untuk rainbow cakeku, oh iya resep ini jadinya dua buah cake seperti gambar ini:


Bahan:
375 gram tepung terigu (aku: 480 gr terigu protein rendah)
Aku: 75 gr maizena
Aku: 45 gr susu bubuk full cream
5 butir telur, ambil putihnya saja (aku: 9 butir ukuran sedang, ambil putihnya saja)
4 sdt baking powder (aku: 1.5 sdt BP double acting)
1/2 sdt garam (aku: ¾ sdt garam halus)
250 gram mentega tanpa garam, (aku: 390 gr, potong dadu diginkan dikulkas)
450 gram gula pasir (aku: 630 gr, 330 gr nya  di blender halus untuk dicampur ke mentega, sisanya 300 gr untuk dicampur ke adonan putih telur)
2 sdt vanila bubuk (aku: 1.5 sdt)
350 ml susu cair (aku: aku 440 ml)
Aku: 100 ml juice pandan dari 25 helai daun pandan yang di blender dengan 150 ml air)
Mentega untuk mengoles loyang

Cara membuat versi aku:
Adonan mentega:
Siapkan 6 lembar kertas roti yang telah dipotong seukuran dasar loyang. Olesi dua buah loyang bundar diameter 22cm alasi dasarnya dengan kertas roti, sisihkan. Campur susu cair dengan vanili, aduk rata. Ayak terigu, susu bubuk, maizena, baking powder, dan garam hingga tercampur rata, sisihkan. Kocok mentega bersama gula yang telah diblender (tunggu gula dingin dulu karena gula yang blender akan panas dan bisa melelehkan mentega) hingga creamy. Kemudian masukkan dan mixer dengan kecepatan rendah campuran terigu secara bertahap yang diselingi dengan susu cair hingga seluruh terigu dan susu cair habis. Kemudian Panaskan dandang kukusan dengan api sedang.

Adonan putih telur:
Kocok putih telur dengan 300 gr gula pasir hingga softpeak. Lalu masukkan putih telur ini ke dalam adonan mentega dalam 4 tahap lalu aduk perlahan dengan whisk hingga rata. Lalu bagi 6 adonan ini sama banyak. Kukus selama 12 menit, ngukusnya jangan ditumpang tindih ya, nanti bisa bantat. Jangan lupa tutup dandang di kasi kain atau serbet kering untuk menampung uap air agar tidak menetes ke cake selama pengukusan, dan gantilah kain atau serbet ketika terasa sudah lembab, lebih amannya setiap kali pengukusan gunakan 1 serbet baru.

Homemade Cream cheese filling and Frosting:
Bahan:
200 gr hollman softcream
200 ml dairy whipcream
100 ml susu cari fullcream
180 gr keju cheddar, parut.
400 gr blue band margarine
50 ml susu kental manis putih

Cara:
Masak dengan api kecil keju, whipcream, dan susu cair hingga keju larut, matikan api, dinginkan. Setelah dingin mixer dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Lalu masukkan softcream, margarine, dan susu kental manis. Mixer hingga creamy. Cream siap digunakan.

Penyelesaian: Masing-masing lembaran cake dipotong tipis permukaannya dengan pisau roti, crumb ini akan digunakan untuk dekorasi. Untuk 6 lembar ini bisa dibuat 2 buah cake. Beri filling dan frosting dengan cream cheese, lalu hias dengan crumb, dan tetesi bagian atasnya dengan selai raspberry.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...