Saturday 16 February 2013

Lapis legit lagi: hangus dan kering

Ada butter kualitas bagus yang aku beli 3 minggu yang lalu tapi bukan wijsman. Butter ini aku niatkan untuk bikin lapis legit. Nah sekaranglah aku sampaikan hajat itu. Ini resepnya yang sebelumnya udah pernah aku coba di sini, udah beberapa kali resep ini aku modif dan kali juga:

Bahan :
Telur 5 butir (aku: 12 butir)
Gula pasir 200 gr (200 gr untuk dicampur ke kocokan telur dan 200 gr di blender untuk dicampur ke kocokan margarine)
Cake emulsifier 15 gr (aku : nga pakai)
Vanili bubuk ½ sdt (aku: nga pakai)
Tepung terigu protein sedang 150 gr (aku: 300 gr)

Aku: susu bubuk full cream 20 gr
Air 65 gr (aku: 1 sdm susu bubuk full cream ditambah 120 ml air)
Pewarna makanan kuning 1 sdm (aku : nga pakai)
Bumbu spekuk 5 gr (aku : 1 ½ sdm)
Margarin 250 gr (aku : 580 gr, 400 gr margarine dan 180 gr butter, yang kualitas Ok ya..)
Susu bubuk 2 sdm (aku : susu kental manis 5 sdm)

Cara membuat versi aku:
Olesi dasar loyang 22x26x6 cm dengan margarine dan alasi kertas roti. Campur terigu, bumbu spekuk, dan susu bubuk, sisihkan. Kocok margarine dan 200 gr gula yang telah diblender hingga creamy, masukkan susu kental manis, aduk rata. Lalu masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga mengembang. Setelah itu masukkan campuran terigu, kocok dengan speed rendah sebentar saja (asal tercampur saja) yang di selang selingi dengan memasukkan susu cair. Sisihkan adonan ini.
Panaskan oven api atas di suhu 200*C.

Kemudian di panci lain kocok putih telur hingga soft peak bersama 200 gr gula. Lalu masukkan kocokan putih telur ini dalam tiga tahapan ke adonan margarine, aduk dengan cara aduk balik hingga rata. Lalu cek dasar panci dengan spatula untuk mengecek apakah adonan sudah rata atau belum. Jangan diaduk terlalu lama karena akan menyebabkan cake bantat.

Panaskan loyang lebih kurang 2 menit dalam oven, keluarkan loyang lalu masukkan 300 ml adonan ke Loyang lalu ratakan hingga menutupi seluruh dasar loyang, panggang dengan temperature 180*C dengan api bawah dan atas 5 menit lalu mengunakan api atas saja hingga permukaan atas cake berwarna coklat.

Kemudian keluarkan dari overn tekan dengan sendok seluruh permukaan cake, tapi jangan terlalu kuat agar lapisannya tidak terlalu pipih. Kemudian oles margarine mengunakan kuas keseluruh permukaan cake lalu taruh kismis di atasnya secara acak aja, kemudian masukkan lagi 300 ml adonan, ratakan hingga menutupi seluruh lapisan pertama. Panggang dengan api atas dengan temperature 180*C hingga seluruh permukaan cake berwarna coklat dan lalukan langkah yang sama untuk adonan berikutnya.

Setelah semua adonan habis, panggang cake dengan api bawah dan atas panggang hingga cake matang sekitar 10 menit dengan temperature 180*C, atau tergantung karaktristik oven masing-masing. Pada saat pemanggangan yang terakhir ini, cek apakah ada gelembung dipermukaan cake. Jika ada segera keluarkan cake dan tusuk gelembung yang terbentuk dengan tusuk gigi agar permukaan atas lapis legit tidak berlubang.

Hasilnya: udah sampai ke lapisan ke 8 bagian atasnya hangus. Aku nyambi main laptop dulu, terus tau-taunya udah bau angus aja. Saat buka oven bener beh gosong. Aku kikis bagian atasnya dan saat aku mau mengeluarkan kerak hitamnya dengan sedikit memiringkan loyang, ternyata lapis legitnya keluar Loyang, TIDAK…!. Inilah yang disebut untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak. Sedihnya aku melihat lapis legitku itu, patah dua dan nyaris hancur lebur. Saat aku coba rasanya enak,tapi aku lebih prefer ke merak wijsman deh kalo untuk lapis legit.

Tapi jika soal tekstur lapis legit yang ini lebih kering. Aku rasa hal ini dikarenakan aku mengunakan bahan kering labih banyak (terigu dan susu bubuk totalnya 320 gr, lebih 20 gr dari takaran resep sebelumnya) sedangkan jumlah margarinnya aku lebihkan 60 gr dari resep sebelumnya berpadu dengan suhu oven yang lebih rendah dari sebelumnya, sebelumnya aku pakai suhu 180*C, kali ini 160*C (kerana aku rada trauma dengan lapis legit yang masihmentah dibagian dalamnya). Saran aku jangan menambahkan bahan kering dan jika ingin mengunakan penambahan margarine atau butter dilebihkan saat mengoles perlapis saja dan gunakan suhu 180*C tapi seringlah dipantau agar nga gosong.

Ada beberapa catatan dari pengalaman ini:
Saat lapisan lapis legit udah hampir tebal (di 1/3 terakhir proses pemanggangan), maka seringlah memantau oven karena cake akan cepat menyoklat dan telat dikit akan berakhir tragis. So, critical pointnya ada pada saat pemanggangan. Suhu yang terlalu rendah menjadikan lapis legit lama matang sehingga lapis legit akan kering. Namun jika suhu tinggi permukaan atas akan terlalu cepat makan sedangkan bagian dalam masih mentah. Kesimpulannya pahamilah oven kita, kalo perlu catat temperratur yang digunakan dan lama pemanggan.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...