Wednesday 26 September 2012

sponge cake kentang mirip bingka

Masih dalam uji coba resep untuk menghasilkan sponge cake yang moist, enak, dan ekonomis dengan menggunakan puree buah atau sayur. Kali ini aku coba mengunakan kentang. Masih dengan menggunakan resep carrot cake yang dimodifikasi dikit. Dan hanya mengunakan 3/5 bagian resep. Ini resepnya:

 

Bahan:

 
3 butir telur
170 gr gula pasir
½ sdt garam
½  sdt emulsifier
160 gram tepung terigu protein sedang (contoh: Segitiga Biru)
½ sdt baking powder
20 gr susu bubuk
2 tetes esen vanila
220 gr kentang yang sudah dikukus dan haluskan
70 gr air matang
150 gram minyak sayur
1 sdm susu kental manis (SKM)

Cara membuat versi aku:

Blender kentang, minyak, air, dan SKM. Ayak bahan kering. Kocok telur dan 1 sdm gula dengan teknik double boiler dengan kecepatan rendah, setelah telur terasa hangat angkat lalu masukkan gula secara bertahap, kocok dengan kecepatan sedang, setelah agak kembang masukkan emulsifier, kocok dengan kecepatan tinggi (speed 3). Masukkan bahan kering bertahap, mixer dengan speed rendah sebentar saja. Masukkan campuran minyak dan kentang juga secara bertahap dengan kecepatan rendah sebentar saja. Lalu cek kehomogenan dengan spatula dengan cara aduk balik. Masukkan ke loyang (yang telah diolesi margarin dan di alasi kertas roti) ukuran 16x16x3cm dan panggang selama 25 menit.

Hasilnya: Gagal lagi, hiks. Masih menghasilkan sponge cake yang mirip bingka. Tapi soal rasa kata sodaraku lebih enak dari carrot cake, ah masak,,,,. Icip icip lagi, mmmmhh,,, benar juga nga langu dan lembut, mirip bingka tapi nga lebih padat. Jadi penasaran, kandungan air di wortel dan kentang berapa ya, agar bisa disubtitusi dan menghasilkan cake yang spongy.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...