Thursday 23 May 2013

Egg Tart



Resep egg tart ini udah lama aku arsipkan. Ada beberapa resep yang aku simpan dan dari semua resep yang ada aku tertarik pada resep yang ada di blog mbak Ricke. Proses pembuatan yang tertulis di sana benar-benar simple dan kebetulan semua bahannya ada. Namun seperti biasa yang benar-benar penyuka manis hanya aku, maka aku hanya membuat setengah resep saja. 

Setelah kue ini jadi aku suguhkan kepada suami, dan dia mengerenyitkan dahi. Dengan gaya penolakan yang halus seperti biasa beliau bilang “udah kenyang aik..”, tapi aku tau pasti ayah Hanif nga suka. “Ayo jujurlah kenapa? apa yang kurang? yang mananya yang nga enak?”, dia bilang “masih ada aroma telurnya”, “masak sih” kataku, sambil berfikir apa aku masih kurang menambahkan vanilinya ya, ya udah aku aja yang ngabisin kataku. 

Selintas kemudian aku lihat ayah Hanif makan kerupuk ubi dengan lahapnya. Hehehe, sepertinya emang selera ayah Hanif yang anak singkong, sambil terngiang lirik lagu ”aku suka keju, kau suka singkong..” di telingaku (untungg aja aku bikinnya cuma setengah resep..). Oke bagi yang tertarik coba, ini resepnya yang aku modifiaksi dari resepnya mbak ricke:

Bahan kulit:
100 gram margarine
60 gram wisjman butter
1 sdm gula pasir
2 kuning telur
260 gram tepung terigu protein rendah

Cara membuat:
Dinginkan sebentar han dalam kulkas (cukup 5 menit). Kemudian campur semua bahan aduk dengan tangan hingga tercampur rata (sebentar saja, jika lama dan adonan terkena suhu panas tangan maka hasil kulit akan mengeras). Setelah itu cetak ke cetakan pie kecil yang sudah dioles dengan margarin. Sisihkan.

Bahan filling:
160 ml susu kental manis
200 ml air
3 kuning telur
1 telur utuh
20 gram tepung custard
1 sdt vanilla

Cara membuat:
Kocok lepas seluruh telur, sisihkan.  Campur air, vanili, dan tepung custard hingga seluruh tepung custard larut, lalu masukkan susu kental manis, aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur, aduk hingga tercampur rata lalu saring. Panggang dulu kulit pie lebih kurang 10 menit, seletah itu keluarkan dari oven dan isi dengan bahan filling, lalu panggang lagi dalam oven suhu 160*C (mengunakan api kecil) selama lebih kurang 45 menit matang. Biarkan dingin lalu keluarkan dari cetakan. Sajikan dingin agar lebih nikmat ;)

Catatan:
Api ovenku kurang rata, jadi ada juga beberapa egg tartnya yang retak, jadi lain kali temperaturnya agak dikecilkan lagi...

2 comments:

Indah Kartika said...

mbak, mau tanya kalau misalnya filling egg tart ga pake tepung custard itu bisa ga? atau bisa diganti dengan bahan lain?
makasih ..

journal ibu hanif said...

Hai mbak..
Untuk hasil yang benar-benar mendekati saya belum pernah mencoba. Namun coba saja mbak mbak mensubtitusinya dengann 5 gr tepung maizena dan menambahkan 1 lagi kuning telur, dan tambahkan gula karena pada dasarnya tepung custard itu mengandung tepung maizena, kuning telur, gula dan susu, coba setengah resep saja mbak untuk uji cobanya ^_^

Semoga membantu ya mbak..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...