Wednesday 22 May 2013

Pizza dengan pingiran roti yang lembut: Ala Ibu Hanif



Pizza yang aku bikin sebelumnya (bisa lihat di sini) emang enak, tapi aku dapat sindiran pedas dari adik sepupu yang bilang ini bukan roti pizza tapi kerupuk pizza karena pingirannya garing mirip cracker, meski bagian tengah tetap lembuttt enak. Namun candaannya ini membuatku berfikir juga, kok bisa garing ya, nga selembut pingiran pizza yang terkenal itu. Sampai suatu hari *tuiiiing* kok aku baru ngeh, khan kuning telur bisa digunakan untuk melembutkan roti, tanpa melibatkan putih telurnya sebagaimana yang telah aku terapkan saat membuat donat, ckck.., baruu sadar sekarang.

Seperti halnya membuat roti yang nga pake ribet n acara timbang-menimbang, bikin pizza kali ini aku juga nga mau pusing-pusing pakai nimbang segala. Memikirnyanya saja udah bikin eneg, apa lagi nanti makannya haha. Trik membuat pizza tanpa takaran ini sangat simple. Namun sebelumnya disarankan telah memahami tingkat kosistensi adonan roti yang kita inginkan (udah pernah coba bikin roti/donat yang sukses sebelumnya). Ok ini lah cara yang aku lakukkan:


Bahan:
1.5 gelas belimbing
¼ sdt baking powder double acting
½ sdt ragi instan
1 sdt minyak zaitun
1 buah kuning telur
Air dikira-kira aja, sesuai tingkat kelembekan adonan yang kita inginkan.

Topping (takarannya suka-suka aja ya...):
Saus bologness
Bubuk paprika merah
Mayones
Mozzarella atau keju lain yang disuka
Paprika
Smoked beef
Sosis
Bawang Bombay


Cara membuat adonan:
Adok rata terigu, ragi, dan baking powder dengan garpu (kalo mau diayak dulu terigu dan baking powder, tapi aku lag I malas jadinya diaduk2 pake garpu). Setelah rata, masukkan air hingga adonan menyatu lalu masukkan telur dan uleni terus adonan, jika dirasa adonan maish belum lembab tambahkan air, sampai adonan lembab, menyatu, tidak menempel di dasar panci, dan kalis (artinya adonan bila ditarik perlahan akan elastic/mengaret tanpa putus). Lalu istirahatkan adonan 20 menit. Lalu olesi loyang untuk memanggang dengan minyak zaitun. Kemudian pipihkan adonan roti ini di atas loyang dengan ketebalan sesuai yang diinginkan. Tusuk-tusuk roti ini dengan garpu, lalu biarkan 10 menit.

Kemudian mulailah memberi topping. Pertama olesi, permukaan roti dengan saus bologness, trus taburi bubuk paprika, lalu susun sosis yang telah dipotong melintang dan smoked beef yang dipotong dadu kecil-kecil. Kemudian susun paprika dan bawang Bombay, olesi merata 2 sendok makan mayones di atasnya. Terakhir tabur mozzarella yang telah di parut di atasnya, lalu panggang dengan api sedang hingaga matang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...