Thursday, 20 June 2013

Yummy Homemade Donat, Jco Donat.



Dulu aku sudah pernah beberapa kali bereksperimen juga untuk menyamai tekstur donat Jco, tapi hasilnya masih jauh panggang dari api, pangang ke barat api ke timur, jauh sekali. Setiap kali ke mal aku hanya bisa menatap nanar antrian panjang di gerai donat tersebut, sering tergoda untuk membeli tapi masih kalah ketika membayangkan 50 melayang untuk donat, nga deh!!. 

Lebih baik membiayai dana reset sendiri untuk menghasilkan donat Jco wanna be ketimbang merogoh kocek sedikittt dalam untuk sekotak donat. Pelittt…??? mmm, tidak laaahhh.., hanya berfikir sedikit lebih ekonomis aja, “kalo bisa bikin! kenapa beli?”, kan bisa kasi tetangga juga, trus lebih murah, dan kitapun lebih tau proses pembuatannya (sadar kalori…, setiap nyomot satu, ingat komposisinya heheh), yang ngakalah penting dapat ilmunya, bisa berbagi, dan buat persiapan mendirikan toko kue juga.



Dari banyak pertimbangan menguntung di atas maka, aku nga pernah menyerah, gagal satu resep, coba lagi, gitu terus. Sampai lah hari ini, perjuangan membuahkan hasil. Aku bisa jikrakan di dapur, yuuhuuuu!!! karena donat Jco wanna be, be donat Jco!!. Uhuuk uhukkk!!!, yah, yah.. meski nga 100% mirip, tapi nga lagi aku “menatap nanar, gerai Jco lagi!!”.

Oh, iya sebelumnya aku dah pernah sukses bikin donatkentang, menul-menul tapi kurang cocok jika diberi topping coklat karena donat kentang udah kaya rasa dan aroma jadi cocoknya ditabur gula bubuk aja baru makyooss. 

Ok, bagi yang berfikir sama denganku lebih baik bikin ndri, yuk mari eksekusi resep ini, yang telah aku modifikasi sana sini (sumber resepnya di sini, thanks buat yang punya resep):




Bahan Donat:
1 sdt ragi instan
2 ½ sdm gula pasir
240 ml susu cair fullcream
350 gr terigu protein tinggi, 150 gr untuk dicampur ke larutan susu, sisanya dicampur belakangan
50 gr susu bubuk fullcream
¾ sdt baking powder double acting (BPDA)
4 kuning telur
½ sdt garam
½ sdt esen vanilla
60 gr butter asin, lelehkan


Bahan Topping:
100 gr coklat stowberry
2 sdm susu cair full cream
gula warna warni
Satu resep topping ini untuk 8 donat
 


Cara membuat donat:
Masak dengan api kecil susu, gula, ragi instan hingga gula dan ragi larut (suhunya dijaga hangat aja ya, tes dengan nyelupkan jadi, ragi akan mati jika terlalu panas), kemudian masukkan 150 gr terigu ke dalam larutan susu, aduk hingga tercampur rata. Diamkan hingga mengambang dua kalinya, kalo aku mendiamkannya sekitar 30 menit (tergantung suhu udara). Kita sebut ini adonan biang. Sembari menunggu adonan biang, timbang bahan lain. Kemudian ayak terigu, susu bubuk, dan BPDA, sisihkan. Kocok lepas kuning telur dan garam hingga garam larut, sisihkan. Lelehkan butter, campur dengan esen vanilla, sisihkan.

Setelah adonan biang mengembang dua kalinya masukkan ke dalam panci yang lebih besar, lalu masukkan kuning telur, aduk rata. Kemudian masukkan sisa terigu, aduk dengan mixer (gunakan batang mixer yang berbentuk spiral) aduk hingga adonan kalis, lalu masukkan campuran butter dan esen vanilla. Aduk lagi adonan tidak tampak berminyak dan kalis. Lalu tutup panci dengan serbet basah dan diamkan hingga mengembang dua kalinya (sekitar 30 menit).

Untuk hasil yang seragam dan mulus, gilas adonan dan cetak dengan cetakan donat, tapi kalo aku pakai cara yang simple aja, olesi telak tangan dengan minyak goring lalu ambil adonan seukuran bola pingpong pipihkan dan bolongi tengahnya dengan tutup botol, lalu susun di atas loyang yang telah diolesi minyak goreng. Diamkan 15 menit, lalu goreng mengunakan api kecil (jaga api agar adonan tidak hangus diluar tapi mentah di dalam)

Tips: jika ingin permukaan kulit donat yang telah matang mulus dan tidak menghasilkan gelembung maka sebaiknya pake cara digilas aja atau adonan dikempiskan dulu sehingga saat memanggang tidak ada gelembung pada permukaan kulit donat.


Cara membuat topping:
Cincang coklat, lalu lelehkan dengan cara ditim, setelah mencair masukkan susu cair, dinginkan sebentar, lalu celupkan sebagian donat ke coklat leleh ini, lalu taruh di rak kawat, dan taburi gula warna warni. Sebaiknya dilalukan diruangan yang sejuk atau ber AC, agar coklatnya cepat mengeras.
 




3 comments:

Almira said...

Permisi..
Saya mau tanya.Susu cair full cream itu susu kental manis kaleng, atau susu bubuk full cream yang dicairkan dengan air? mohon jawabannya.. Terima kasih

Naila hari said...

Salam kenal mbak Almira..

Maaf komen mbak terlewatkan saya baca...

Susu cair full cream itu susu cair yang dalam kotak, yang bisa langsung diminum, atau biasa di sebut susu UHT mbak..

Almira said...

Gitu ya... makasih yaa :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...