Thursday, 28 February 2013

Blueberry cheese cake lagi


Setelah 90 gr dari cream cheese “oplosan”ku (resep bisa lihat di sini, kenapa oplosan? ya karena: cream cheese Arla dicampur keju cheddar dan susu cair full cream) dipakai untuk chiffon keju, akhirnya sisanya aku putuskan untuk dibikin blueberry cheese cake. Saat aku mencoba rasa dari cream cheese Arla ini, aku teringat sama set plain yogurt merek Bio Kul di kulkas, rasanya hampir mirip. Meski ada rasa-rasa kejunya tapi kok lidahku “mengatakan” kecenderungannya lebih dekat dengan rasa yogurt merek Bio Kul ini dibanding keju cheddar yang biasa aku gunakan sebagai pengganti cream cheese.



Tanpa pikir panjang aku bergegas ke kulkas dan ternyata yogurt itu mendekati H-2 expirenya. Maka bergegaslah aku campur setengah dari sisa cream cheese oplosan ini dengan yogurt itu, sampe-sampe aku nga menimbang dulu sisa dari cream cheese oplosan ini.



Bicara soal hasil akhir, blueberry cheese cake ini sangatlah memuaskan, enak. Aku pernah coba blueberry cheese cake di sebuah toko bakery dan rasanya nga jauh beda sama yang aku buat ini, beneran enak…, ditambah lagi bahan-bahan yang digunakan nga begitu mahal. Ini resepnya:






Bahan cream cheese buatanku*:

½ bagian cream cheese oplosan bikinanku, resepnya bisa lihat di sini
450 gr set plain yogurt merek Bio Kul
30 ml susu cair full cream
Cara membuat:
Masak dengan api kecil semua bahan hingga kurang lebih 10 menit. Dinginkan

Bahan pie:

2 bungkus oreo cream putih (aku: 2/3 biskuit marie regal)
2 sdm mentega wisjman (aku: 3 sdm margarine)


Cara membuat:

Blender biskuit, setelah halus aduk dengan margarin, lalu ratakan diloyang (aku mengunakan loyang bulat diameter 22 cm yang telah dioles margarine lalu dialasi kertas roti). Kemudian panggang 10 menit dengan api sedang.

Untuk custardnya aku modifikasi dari resep blueberry cheese cake yang udah pernah aku bikin sebelumnya, bisa lihat di sini, sumbernya di sini. Ini resepnya:



Bahan Custard:


75 gr butter (aku: nga pakai)

100 gr margarine (aku: 180 gr blue band)

110 gr tepung terigu

750 gr cream cheese (aku: 550 gr cream cheese buatanku*)

200 gr gula castor ( aku: 170 gr gula pasir, blender 120 gr untuk dikocok bersama margarine, dan 50 gr untuk dikocok bersama putih telur)

60 gr maizena

4 butir telur (aku: pisahkan kuning dan putihnya)

2 cup sour cream (aku: nga pakai)

2 sdm sari lemon (aku: 1 sdm air lemon dan 1 sdm parutan kulit lemon)

1 bungkus vanilla (aku: 1/2 sdt vanilla)

Sejumput garam (aku: nga pakai)



Cara membuat:


Panaskan oven. Didihkan air panas dalam loyang yang berukuran besar dan taruh di rak paling bawah oven. Olesi loyang bulat diameter 22 cm (aku mengunakan loyang biasa karena nga ada yang bongkar pasang) dengan margarine lalu alasi dengan kertas roti. Mixer putih telur dan 50 gr gula yang tidak diblender dengan air lemon hingga soft peak, sisihkan. Mixer margarine, butter dan gula hingga creamy, masukkan kuning telur satu persatu, dan parutan kulit lemon. Setelah itu masukkan tepung terigu dan tepung maizena yang telah diayak sebelumnya lalu mixer selama 10 menit, lalu masukkan cream cheese, mixer 5 menit.



Kemudian dengan cara aduk balik, masukkan campuran putih telur dalam 3 tahap, Setelah tercampur rata, tuang ke loyang diameter 22 cm (yang sebelumnya telah di beri biscuit dan dipanggang sebentar), lalu panggang dengan teknik au bain marie (karena aku nga pakai loyang bongkar pasang maka Loyang yang berisi adonan aku taruh di rak tengah sedangkan Loyang yang berisi air aku taruh di rak bawah) selama 70 menit dengan api sedang (180*C) di 30 menit pertama lalu gunakan api kecil 160*C .



Tanda cake ini matang adalah diameter 5 cm dari tengah loyang masih bergoyang (memang begini kondisi matangnya cheese cake ini berdasarkan info hasil googlingku). Biarkan cake hingga dingin, lalu masukkan kulkas selama 2 jam. Lalu olesi di atas cake selai blueberry dan hias dengan whipcream.



8 comments:

priscilla tumbelaka said...

Hallo mbak Naila :) Mbak, 1/2 bagian krimcis oplosan itu maksudnya dr campuran (100gr krimcis + 100gr keju + 150ml susu) : 2 begitu kah? Dan itu masih dioplos lg dg 450 gr yoghurt + 30 ml susu? Setelah itu, br diambil sebanyak 550 gr utk membuat resep yg di bawahnya, apakah seperti itu mbak? Trmksh sebelumnya

Naila hari said...

Hai mbak, iya benar.., selamat mencoba :)

Anonymous said...

mbak, cheesecakenya ga pake tepung terigu dan maizena?

Anonymous said...

oyaa mbak, gula pasir bole diganti gula bubuk?

Naila hari said...

pakai mbak..., baca lagi resepnya ya sebelum membuat biar ga gagal secara bahannya cukup menguras kantong kan :), happy baking...

Naila hari said...

bisa, asal dengan berat yang sama ya..., semat mencoba...

Anonymous said...

Lalu klo pake di bagian mana tepung dan maizena nya d campur?

Naila hari said...

Duh maaf mbak, saya lupa mencantumkannya di step pembuatannya ya. Tepung maizena dan tepung terigunya diayak lalu dicampur secara bertahap setelah memasukkan parutan kulit lemon. Mbak bisa membaca ulang kembali langkah pembuatannya, udah saya perbaiki. jika ragu silahkan mbak tanyakan kembali. terimakasih.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...