Friday, 3 January 2014

Soto Padang, kata Hanif : enaknya bikinan ibu

Hanif telah genap berusia dua tahun pada tanggal 21 Desember 2013 kemarin. Mertua perempuanku yang biasa dipanggil Hanif denga sebutan Nenek andung, mau datang melihat Hanif. Oleh sebab itu aku berencana membuat soto padang untuk hidangannya.

Awal membuat soto padang, kok rasanya kurang enak. Setelah beberapa kali mencoba baru ketahuan kesalahannya dimana, ternyata aku kebanyakan memberi air pada kuah sotonya. Walaupun bahan bumbu lain dilebihkan jika tulang sup atau kaldu yang diperoleh dari merebus tulang dan daging sapinya nga seimbang maka akan dihasilkan kuah soto yang nga gurih.

Bumbu soto siap pakai yang tersedia di pasar tradisional juga mempengaru rasa kuah soto. Pilihlah bumbu dengan kualitas bagus. Selain itu ada tips yang nga kalah penting, berdasarkan pengalaman, bumbu halus siap pakai ini sebaiknya ditumisjugabeserta bumbu minyaknya agar aroma dan rasanya lebih kuat dan wangi. Selain itu juga tumis tulang sup yang telah direbus, tujuannya juga sama yaitu agar diperoleh aroma dan cita rasa yang lebih gurih dan wangi.


Dulunya aku menganggap bikin soto itu ribet, tapi setelah dicoba nga ribet kok asalkan ada niat dan dikerjakan dengan senang hati jadilah soto terenak. Hanif bilang masakan ibu paling enak sedunia, duh anak kecil emang nga bohong, hehehe…. Ok berikut aku dokumentasikan resepnya, bagi yang berminat yuk, dicoba. Sumbernya bisa lihat di sini. Selamat mencoba..



Bahan utama :
1 kg tulang sup
2 tulang tungkai sapi, potong
1 buah pekak
Garam
2.5 liter air hingga 3 liter air

Bumbu dihaluskan:
15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1 cm jahe diameter 1.5 cm
1 cm kunyit diameter 1.5 cm

Bumbu tambahan:
Bumbu soto siap pakai, biasa tersedia di pasar tradisional:
1 bungkus bumbu minyaknya
2 sdm bumbu halusnya

Bumbu yang tidak dihaluskan
2 ruas jari lengkuas diameter 2 cm
2 daun salam
4 daun jeruk
1 serai
4 kapulaga
3 pekak
3 cengkeh
3 cm kulit manis

Bahan pelengkap
3 batang daun bawang, potong kasar
3 batang seledri, potong halus
Pergedel kentang
Daging, goreng hingga rapuh dan krispi
Bawang goreng
Toge, rebus sebentar
Bihun, rebus sebentar.
Jeruk nipis
3 sdm cabe merah giling, masak bersama 3 sdm kuah soto yang lelah jadi lalu beri 1 sdm perasan jeruk nipis

Cara membuat:

Rebus seluruh bahan utama, hingga daging empuk. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan bumbu tambahan dan bumbu yang tidak dihaluskan, tumis hingga harum. Kemudian masukkan tulang sup yang tadi telah direbus, tumis sekitar 5 menit, lalu masukkan seluruh bahan yang ditumis ini ke dalam panci yang berisi bahan utama, masak hingga mendidih dan terakhir masukkan daun bawang ke dalamnya. Kuah soto telah siap. Sajikan bahan pelengkap beserta kuah soto ini dengan takaran sesuai selera masing-masing. 


4 comments:

Rika said...

Ultah hanif samo jo oom ricky yo. Btw, Hua...bhn2 soto nyo payah dapek di japang. Wkwkwk

Naila hari said...

Wah, beko ciek se kuenyo biar ibu hanif yang bikin hehe..

Bumbu keringnyo bisa dikirim kok ni, di pasar raya ado yang enak bisa tahan 1 tahun klo dlm kulkas. klo nio aik balikan ntar om ricky atau nte rika yang ngirim :)

Oh iyo makasih selimut cantik untuk aisha nyo ni.. :)

Aldila said...

Halo, Ibu Naila.

Saya ingin minta izin, bolehkah image yang ada pada post ini saya gunakan untuk keperluan artikel saya? Jika Ibu berkenan, mohon informasikan alamat email ibu agar saya dapat menghubungi ibu lebih lanjut terkait hal ini.

Terima kasih sebelumnya :)

Naila hari said...

Hai juga mbak,
boleh saja tapi tolong cantumkan sumbernya ya mbak..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...