Saturday, 18 January 2014

Roti sobek lembut buat hanif



Beberapa minggu ini seperti udah kebiasaan hanif manggil tukang roti yang lewat dan ini pertanda nga baik. Aku selalu mengusahakan makanan yang Hanif makan adalah bikinan rumah karena disamping aku tau komposisinya, juga lebih hemat bukan, hehehe. Lebih banyak untungnya kalo bikin sendiri dan sebenarnya nga ribet amat kok.

Roti ini adalah resep roti lembutnya NCC yang aku modifikasi. Hasilnya enak, lembut. Ternyata selama ini kesalahanku membuat roti adalah tidak memperhatikan lama pemanggangan dan suhu oven. Sehingga hasilnya adalah roti yang keras dan kering. Namun setelah mengetahui dimana letak salahnya, roti yang dihasilkan kali ini cukup memuaskan.




Hanif suka sekali dan teksturnya empuk meski tidak menggunakan bahan pengempuk. Oh iya, kerena aku menggunakan susu cair bearbrand, warna rotinya agak kecoklatan atau tidak putih seperti roti yang dijual pada umumnya, tapi lebih kaya rasa dan wangi. Berikut resepnya, selamat mencoba.



Bahan:
Bahan biang
80 gr terigu protein tinggi
1 sdt ragi instan
2 sdm gula pasir
120 gr susu cair bearbrand
Bahan lainnya
150 gr terigu protein tinggi
30 gr susu bubuk fullcream
½ sdt baking powder double acting
30 ml minyak goreng
1/3 sdt garam
1/3 sdt esen vanilla
2 kuning telur
Untuk topping:
1 buah kuning telur
1 sdt madu
Keju cheddar, parut sesukanya

Cara membuat:
Masak dengan api kecil susu, gula, ragi instan hingga gula dan ragi larut (suhunya dijaga hangat kuku, tes dengan nyelupkan jari, ragi akan mati jika terlalu panas), lalu masukkan 80 gr terigu ke dalam larutan susu, aduk hingga tercampur rata (tidak ada bagian yang menggumpal). Diamkan hingga mengambang dua kalinya atau tergantung suhu udara. Inilah yang disebut adonan biang. Sembari menunggu adonan biang, timbang bahan lain. Kemudian ayak 150 gr terigu, susu bubuk, dan BPDA, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, esen vanilla, dan garam hingga garam larut, sisihkan.  

Setelah adonan biang mengembang dua kalinya masukkan ke dalam panci yang lebih besar, lalu masukkan kuning telur, aduk rata. Kemudian masukkan campuran terigu, aduk dengan mixer (gunakan batang mixer yang berbentuk spiral) aduk hingga adonan kalis, lalu masukkan minyak goreng. Aduk lagi adonan hingga terlihat tidak berminyak dan kalis. Lalu tutup panci dengan serbet basah dan diamkan hingga mengembang dua kalinya (sekitar 30 menit).

Panaskan oven di suhu 170*C. Balur tangan dengan minyak goreng lalu ambil adonan sebesar bola golf, beri isian sesuka hati atau bias juga tanpa isian. Susun di Loyang 18x18x3 cm yang telah dialasi kertas roti. Setelah menggembang dua kalinya beri olesi permukaan roti dengan kuning telur yang telah dicampur madu, lalu beri parutan keju di atasnya. Bakar roti lebih kurang 20 menit.

1 comment:

priscilla tumbelaka said...

Duh jln2 cuci mata di blog nya mbak Naila mata sy jd ijo liat macem2 resep. Sedihnya, lapsur ajah nggak lulus2 , udah pengen yg lain duuuuhh... Gpp deh, program 1 taun hrs uda bisa semua resep di blog ini hehehe...

Mbak memang mixer biasa dg batang spiral bisa gitu utk ngaduk roti? Motornya kuat yak? Takutnya tar pingsan mixer sy. Kalo bisa duuuh senengnya. Roti ini jg jd momok buat sy. Sy sampe mati gaya, udah nyoba berbagai cara, mulai dr cara menguleni biasa sampai dg adegan banting membanting, tak kunjung jg membuat adonan elastis.

Mbak kira2 hingga elastis itu perlu waktu berapa lamakah utk 1 resep ini dg mixer batang spiral?

Matur nuhun sebelumnya ya mbak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...