Sunday, 19 January 2014

Pempek buatan sendiri, enak, garing kulitnya



Sebenarnya udah lama sekali pingin bikin pempek, resepnyapun udah lama sekali didokumentasikan dan aku nga ingat sumbernya dari mana. Pempek ini biasa dibuat mengunakan ikan tenggiri, karena ikan tidak ada, maka aku menggunakan ikan bawal. Hasilnya ternyata enak, kuah cukanya juga enak. Untuk tekstur kulitnya garing pada saat panas dan bagian dalamnya lembut.

Jika ingin disimpan dalam kulkas, masukkan dalam wadah kedap udara. Kemudian ketika ingin digoreng rebus atau kukus kembali, agar pempek tidak keras. Permukaan kulit pempek yang mengunakan campuran tepung beras yang lebih banyak dibandingkan tepung terigu akan berbeda. Lain waktu akan aku coba membuat pempek yang hanya mengunakan campuran tepung sagu dan tepung terigu saja.


Bahan:
2 kg ikan bawal, ambil dagingnya, blender halus (bisa pakai ikan laut yang lain)
750 ml air
700 gr sagu cap tani
200 tepung beras
50 gr terigu protein sedang
8 sdt garam halus
1 sdm minyak ikan
2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat:
Larutkan tepung beras dengan 750 ml air, masak sambil diaduk hingga kalis. Campur adonan tepung beras dengan ikan, tambahkan air, garam, dan gula. Kemudian masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit aduk dengan sendok besi hingga tepung sagu habis, terus aduk hingga kalis dan tercampur rata. Lihat konsistensinya, jika sudah tidak lengket ditangan berarti sudah siap dibentuk, jika tidak bias ditambahkan lagi sedikit tepung sagu.

Bentuk adonan sesuka kita, bias dijadikan pempek pempek lenjer, pempek kapal selam, atau pempek krupuk/keriting,pempek tahu. Didihkan air dalam panci lalu masukkan pempek yang telah dibentuk, untuk pempek kapal selam yang telah mengapung biarkan sekitar 4 menit untuk memastikan telur dibagian dalam telah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
Tips untuk pempek kapal selam, pada saat memasukkan kocokan telur bulatkan adonan lalu bentuk cekungan yang dalam tapi tidak lebar agar pada saat menutup adonan yang berisi telur tidak sulit dan agar telur tidak keluar.

Bahan kuah/cuko:
500 gram gula aren
50 gram asam jawa, peras dengan air sedikit
2 sendok teh cuka putih (boleh tidak)
5 gelas belimbing air
2 sdm minyak ikan
Bahan yang dihaluskan:
5 siung bawang putih
2 sdm ebi
10 buah cabe rawit (disesuiakan)
1 sdm garam (disesuaikan)

Cara membuat:
Didihkan air, gula merah, asam jawa, air, dan cuka dengan api kecil, setelah gula larut, angkat lalu saring. Masukkan bahan yang sudah dihaluskan, masak kembali hingga mendidih lalu angkat.

3 comments:

Unknown said...

Bun terigunya masuk bareng sagu apa bareng tepung beras?

Oprah Winfrey said...

Sekarang sudah ada tepung pempek instan yg sudah ada ikannya lho. Bisa diliat di www.tepungpempekikan.com
Hope it helps ^^

Oprah Winfrey said...

Sekarang sudah ada tepung pempek instan yg sudah ada ikannya lho. Bisa diliat di www.tepungpempekikan.com
Hope it helps ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...