Monday 30 December 2013

Neopolitan cake ekonomis, tetap lembut dan enak..

Iseng pingin buat Neopolitan cake juga, tapi maunya yang versi ekonomisnya. Setelah menimbang beberapa resep, maka aku gunakan resep yang ada di sini dan dimodifikasi sana sini. Termasuk penggunaan cream cheesenya, aku hanya menggunakan keju cheddar. Sempat khawatir juga, apakah cake ini jadi atau nga, tapi tetap pede bismillah.., dan Alhamdulillah untuk batch pertama, cake lapis kuning sukses. Kemudian aku lanjut ke lapis merah dan coklat dan keduanya sukses.

Untuk tekstur, Neopolitan cake ekonomis versi Ibu Hanif ini mirip dengan cotton cake, lembut, tapi lebih sedikit padat karena ada kandungan cheesenya. Tapi untuk filling dan frostingnya menurutku kurang cocok jika menggunakan non dairy whipped cream dan ice cream yang ku aplikasikan ini. Sepertinya cocoknya menggunakan sedikit olesan butter cream dengan parutan keju, jadi nendang deh rasa kejunya.



Resep untuk cake warna kuning : 
Bahan A (kuning telur) :
4 kuning telur, kocok lepas
80 gr homemade cream cheese*
40 gr butter
50 gr susu bear brand
35 gr terigu protein rendah
10 gr maizena
1 sdm susu bubuk

*Bahan homemade cream cheese:
180 gr keju cheddar
50 gr susu bearbrand

Bahan B (putih telur): 
4 buah putih telur
60 gr gula pasir
1 sdt jeruk nipis/ jeruk lemon

Untuk cake merah:
Resep dan cara membuat sama dengan cake kuning hanya tambahkan 2 tetes pewarna merah

Untuk cake coklat:
Resep dan cara membuat sama dengan cake kuning hanya tambahkan 1 sdt munjung coklat bubuk dan 2 tetes perisa moka

Bahan krim :
150 Ice cream strawberi bubuk
2 kaleng susu bearbrand
150 whipcream bubuk

Cara membuat:

Membuat homemade cream cheese :
Parut keju lalu blender bersama susu cair bearbrand. Cream cheese siap digunakan.

Membuat cake kuning:
Olesi loyang 24x24x3 cm dengan margarin alasi kertas roti. Sisihkan. Ayak terigu, maizena, dan susu bubuk, sisihkan. Masak dengan api kecil susu cair, cream cheese, dan butter, hingga butter meleleh, angkat masukkan campuran terigu, aduk rata, lalu masukkan kuning telur. Jaga agar campuran ini tetap hangat, caranya taruh panci berisi adonan ini di atas wadah yang berisi air hangat.

Panaskan oven. Gunakan teknik au bain marie dalam memanggangnya.
Untuk au bain marie yang nga ribet dan cukup simple, caranya isi Loyang ukuran 30x30 cm dengan air, lalu masukkan ke oven di rak bagian tengah kemudian taruh secara terbalik Loyang ukuran 16x16x3 cm ditengah Loyang 30x30 cm yang berisi air, setting suhu di 160*C. Biarkan air di dalam Loyang mendidih sembari kita melakukan pengocokan putih telur. barulah di atas Loyang ukuran 16x16x3 cm ini di taruh Loyang yang berisi adonan cake.

Buat adonan putih telur. Kocok gula, perasan jeruk nipis, dan putih telur hingga soft peak. Ambil 1/3 adonan putih telur ini lalu campurkan ke adonan kuning telur mengunakan whisk gunakan cara aduk balik, lakukan hingga adonan habis. Kemudian masukkan ke Loyang, di dalam oven taruh Loyang yang berisi adonan ini di atas Loyang ukuran 16x16x3 cm. Panggang hingga permukaan cake berwarna kecoklatan.

Untuk cake merah dan coklat ikuti langkah pembuatan yang sama dengan cake kuning ini.










No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...