Saturday 28 December 2013

Baikpia atau kue pia, lembut dan legit...

Saat ingin membuat bakpia ini aku searching di google dan ketemu berbagai versi resep bakpia. Namun dari sekian banyak resep yang ada aku agak binggung memilih resep mana yang sesuai dengan harapanku. Sewaktu kuliah di Kota Padang beberapa tahun lalu, jika berjalan ke daerah pondok aku selalu sempatkan untuk beli bakpia di sebuah swalayan yang menjual jenis bakpia yang sesuai seleraku, kulitnya lembut, buttery, isinya legit, yummy deh.


Ingin mengulangi nostalgia masa kuliah bersama bakpia ini, jadilah pagi-pagi aku sedang googling dan menganalisa beberapa resep yang kira-kira sesuai selera. Akhirnya pilihanku jatuh pada resep yang ini  Cara membuatnya cukup simple dan hasilnya sangat memuaskan .Aku suka sekali tekstur kulit bakpianya, benar-benar mirip dengan bakpia yang pernah aku beli dulu itu. Hanif, anakku suka sekali dan akupun senang bisa memberi camilan buatan rumah yang tau pasti komposisinya. Bagi yang berminat yuk kita  sendiri, bikin nga ribet kok.


Bahan Kulit:
500 terigu, aku 250 gr terigu protein rendah
100 g gula halus, aku 50 gr gula pasir biasa
220 ml air, aku 110 ml
100 g mentega, aku 60 gr
1 sdt garam, aku ½ sdt
250 g terigu, aku 130 gr terigu protein rendah
120 g minyak goreng, aku 60 gr
1 butir kuning telur untuk olesan, aku nga pakai

Bahan Isi:
150 kacang hijau kupas
100 g gula halus
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam

Bahan isi versiku:
120 gr kacang hijau
120 gr gula merah
1 helai daun pandan
120 ml santan kental
¼ sdt garam


Cara Membuat:
1. Kukus kacang hijau hingga matang.
2. Masukkan seliruh sisa bahan isi, masak hingga berbentuk pasta, dinginkan. Haluskan, bentuk bulat sebesar kelereng dan sisihkan.
3. Campur terigu yang seberat 250 gr dengan gula halus, air, mentega, dan garam hingga membentuk adonan yang dapat dipulung.
4. Pulung adonan sebesar bola bekel dan sisihkan.
5. Campur terigu yang seberat 130 gr dengan minyak goreng hingga rata.
6. Gilas adonan yang telah dipulung. Caraku nga pakai digilas, hanya tinggal pipihkan adonan pertama lalu taruh ½ sdt adonan kedua ditengah kemudian lipat adonan pertama hingga menutupi  adonan kedua, bulatkan lalu pipihkan lagi. Kemudian isi dengan bahan isian, lalu pipihkan sedikit. beberapa sendok campuran tepung dan minyak. Gulung, gilas hingga setebal 105 cm.
7. Isi dengan kacang hijau dan bentuk bulat dengan lipatan bagian bawah.
8. Atur dalam loyang, olesi bagian atas dengan kuning telur. Panggang dalam oven hingga matang. Aku mengunakan api bawah 200*C selama 20 menit, trus bakpia dibalik lalu dipanggang lagi selama 10 menit dengan temperature 200*C.
9. Angkat dan sajikan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...