Monday 6 January 2014

Bolu merekah dan tidak merekah dalam satu resep

Sebenarnya nga ada niat pingin bikin bolu kukus merekah ini, tapi setiap kali googling resep kue selalu saja terprovolasi ingin mencoba sesuatu yang baru dan bereksperimen dengan komposisi bahannya. Karena bahan yang digunakan sederhana dan juga teknik mengolahnya sederhana, maka pagi-pagi aku udah nimbang bahan, kebetulan juga semua bahan tersedia, termasuk juga ekstrak juice pandan yang harus segera diberdayakan sebelum aroma dan rasanya mulai berubah.

Cetakannya nga pakai cetakan berlubang khusus untuk bolu merekah ini, karena nga punya jadi ku pakai cetakan muffin aja yang tanpa lubang-lubang (nga pakai fikir panjang kalo udah ngebet bikin apa yang ada aja digunakan). Aku juga bikin dalam tiga versi cetakan besar, sedang, dan kecil. Hasilnya bisa dilihat pada gambar, sedangkan untuk apinya aku tetap menggunakan api besar.




Cetakan yang berukuran sedang dan paling kecil nga membentuk rekahan, tapi tetap bagus, mirip apam dot-dot yang dulu pernah naik daun. Untuk cetakan besar merekah tapi ada yang nga merekah di tengah, ini sepertinya karena aku nga pakai cetakan berlubang. Lain waktu akan ku coba lagi untuk membandingkan hasilnya jika pakai cetakan berlubang dan nga pakai. Oke, resep asli bisa lihat di sini, sedangkan yang aku tulis di sini udah sedikit ada perubahan komposisi bahan. Oh iya soal rasa biasa aja, karena memang kandungan lemaknya nga banyak sedangkan kandungan terigunya banyak, sehingga tekstur cake ini padat dan mengenyangkan, cocok buat.sarapan pagi, hehe. Baiklah ini resepnya jika ingin mencoba.




Bahan:
2 butir telur  
1 butir kuning telur
240 gr gula pasir
220 gr tepung terigu rendah protein
50 gr maizena
180 ml santan dan 20 ml air sprite
2 sdm ekstract juice pandan
1 tetes pewarna merah
1 tetes pewarna orange
1 tetes esen moka

Cara membuat:
Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup. Panaskan kukusan, isi dengan air yang tidak terlalu tinggi, sebaiknya 2 cm dibawah dandang, agar air yang mendidih nantinya tidak mengenai kue.

Ayak terigu dan maizena, sisihkan. Kocok telur, gula pasir hingga kental berjejak. Masukkan bahan cair dan diselang selingi dengan bahan kering, mixer dengan speed rendah. Ambil 3 x 100 ml adonan lalu masukkan dalam tiga buah gelas terpisah (setiap gelas berisi 100 ml adonan), lalu beri pewarna merah, orange, dan perisa moka. Sisa adonan beri juice pandan.


Isi cetakan dengan adonan pandan 2/3 bagian dan 1/3 bagian dengan adonan yang telah diberi warna. Pastikan air kukusan telah mendidih. Kukus dalam kukusan dengan panas tinggi selama 15 menit untuk cetakan kecil, dan 20-25 menit untuk cetakan besar.



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...