Friday 24 August 2012

Tips sponge cake lagi..


Setelah berpuluh-puluh kegagalan ku untuk menghasilkan sebuah sponge cake, akhirnya saat ini barulah aku mampu menaklukkan sponge cake ini. Kok udah yakin? Nga yakin amat sih tapi insya Allah nga gagal lagi, soalnya udah delapan sponge cake aku buat dalam satu hari dan hasilnya sukses alias nga bantat.

Kunci keberhasil pertama dalam membuat sponge cake ini adalah menghasilkan kocokkan telur dan gula yang udah benar-benar konsisten yang ditandai dengan karakteristik hasil kocokkannya adalah kaku, saat mixer diangkat adonan yang menempel di mixer tidak langsung jatuh ke panci, adonan berjejak saat mixer digerakkan, gelembung udara dipermukaan sedikit bahkan hampir tidak ada, berwarna putih (tdak lagi kuning) untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar dibawah ini. mulai dari gambar 1 hingga gambar 3 merupakan tahapan hingga terbentuknya hasil kocokan telur dan gula yang telah konsisten dan kokoh.

gambar 1

gambar 2

gambar 3

Adonan atau kocokkan telur dan gula yang konsisten akan mampu berikatan dengan baik dan menyokok berat dari tepung dan mentega sehingga gelembung udara yang teperangkap dalam adonan tidak lepas saat tepung dan mentega dicampurkan dalam adonan. 

Kunci keberhasil kedua adalah cara mencampurkan tepung dan mentega ke adonan telur. Ini merupakan saat kritis jika salah aja dalam mencampurkan tepung dan mentega ke adonan telur wal hasil gelembung udara yang udah hampir 25 menit kita masukkan akan segera keluar. Kalo aku saat memasukkan tepung gunakan speed rendah aduk secukupnya, asal aja tercampur terigu dan adonan telur. Dengan cara ini insya Allah aku belum pernah gagal. Kegagalan yang sering aku alami adalah saat memasukkan mentega leleh ke adonan. Proses ini hampir selalu jadi masalah. Aku searching di google dapat tips cara memasukkan mentega ke adonan, antara lain:

Cara 1: Aku gunakan cara pancingan, masukkan sedikit adonan ke lelehan mentega aduk rata kemudian masukkan kembali ke adonan secara bertahap. Dengan cara ini adonan akan lebih mudah untuk homogen dan nga perlu diaduk lama. Pengadukan yang lama akan menyebabkan gelembung udara yagn terbentuk pecah.

Cara 2: Aku lelehkan mentega sesaat akan dicampurkan pada adonan. Masukkan mentega dalam kondisi hangat sendok secara bertahap, lalu aduk balik. Mentega yang hangat akan lebih mudah berikatan dengan adonan sehingga mentega tidak mengendap ke bagian bawah. Banyak yang bilang kelemahan cara ini menghasilkan tekstur cake akan kasar. Tapi saat aku coba nga juga kok. 

Dari pengalamanku sebelumnya, jika pada tahap pencampuran ini masihhh… juga terlihat tanda yang mencurigakan (biasanya karena kesalahan dalam pengadukkan) dimana gelembung udara mulai ada yang pecah, hentikan penambahan mentega, jika pengadukkan dan pencampuran mentega masih dilanjutkan cake akan bantat. Cake yang bantat, setelah matang dibagian dasar akan ada endapan keras yang menandakan mentega tidak teremulsi seluruhnya dan mengendap di dasar loyang.

6 comments:

minarni yurika said...

Senangya bisa berkunjung ke blog mbak, apalagi banyak berkaitan dengan spongecake, karena saya sering cenat cenut dibuatnya, hihi kadang kempes, teksturnya kasar. Hasilnya gak maksimal, tapi beneran loh dengan berkunjung ke blog mbak, bisa semangat lagi memperbaikinya. Saya sering mantengin soalnya, maklum mbak masih abal abal. Sebelumnya makasih banyak :), untuk nerima catetan panjang ini.

journal ibu hanif said...

Duh, saya juga mbak sering dibikin punyeng sama sponge cake yang rada susah ditaklukkan. Tapi kalo udah dapat celahnya dimana mudah-mudahan nga bantat lagi. Senang juga mengetahuinya kalo sedikit pengalaman kegagalan saya bermafaat buat mbak, terimakasih juga telah berkunjung...., salam happy baking... ^_^

Anonymous said...

mbk Naila coba share tentang teknik all in mbak,, setiap bikin sponge dengan teknik ini gak bisa ngembang tinggi,, memang seperti itu kah,, atau cara saya yang salah

Unknown said...

Mbak dalam sehari saya menghabiskan 30 telur hanya karna rasa penasaran untuk menaklukkan sponge cake.kalau dihitung keseluruhan mungkin sudah hampir 100 telur.cuma 2x saya berhasil pun tidaktau kenapa berhasil.dicoba berapa kali gagal lagi.saya sdh hampir putus asa.pun sudah konsul kemana2 hehehhe baca geogling dll.atau mmg saya sptnya tidak berbakat tapi maksa.hehhe😢😢

journal ibu hanif said...

maaf ya mbak pesannya di tahun 2015nya terlewatkan sama saya membacanya..., iya nanti saya share. kemarin saya coba tekniknya menggunakan resep 3 telur, hasilnya memuaskan mbak..

journal ibu hanif said...

Hai mbak Mei Li...

hahaha.., sama kita mbak... saya pun sempat putus asa..
Sponge cake merupakan tipe cake yang agak sulit ditaklukkan, dari sekian kali kegagalan saya membuat sponge cake adalah saat pencampuran margarin ke adonan. Gunakan whisk yang agak besar agar margarin dapat tercampur rata dan jangan terlalu lama mengaduknya, penambahan emulsifier seperti SP suga dapat mengurangi resiko cake bantat. Agar saat gagal mbak nga down amat.. terapkan resep yang menggunakan sedikit telur dulu, dua atau 3 telur.

Kalo tentang baking sebenarnya nga ada masalah bakat atau nga mbak hanya masalah teorinya saja mungkin mbak belum pas, karna dulu pun saya sempat putus asa juga mbak, hehehe. Namun ketika udah tau celahnya dimana.., baru deh ngerasa sok jadi chef, hehehe...

Selamat mencoba mbak dan semangat..., happy baking mbak Mei li

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...