Thursday 27 September 2012

Brownies kentang enak dan legit


Masih penasaran dengan berapa komposisi kentang yang ideal untuk cake (setelah gagal dengan resep modifikasi resep carrot cake yang diganti dengan kentang) maka aku coba untuk berburu lagi resep cake yang mengunakan kentang. Setelah mendapatkan beberapa resep, aku tertarik mencoba resep brownies kentang lapis keju yang ku dapat di blog reseprumah.com. yang membuat penasaran resepnya mengunakan kentang mentah yang diparut. Seperti biasa resep aku modif lagi.

Untuk margarinnya aku menggunakan meadoelea margarine yang komposisinya dari minyak kanola, minyak bunga matahari, dan minyak nabati. Berhubung margarine ini diskon 70% dan expirenya masih 4 minggu lagi maka aku belilah (hemat yak, habis harga tanpa diskon cukup mahal, lain kali aku hunting lagi bahan kue yang diskon tapi masih dalam status layak makan, haha hemat hemat…..). Berikut resepnya:


Bahan:

  • 175 gr mentega (aku: 250 meadowlea margarine dan 20 gr palmia margarine)
  • 100 gr kentang,parut kasar
  • 75 gr tepung terigu (aku: 100 gr)
  • 25 gr susu bubuk (aku: 40 gr)
  • 20 gr coklat bubuk (aku: 130 gr cocoa van houten)
  • 250 gr dark cooking chocolate (aku: nga pakai)
  • 200 gr gula pasir. (aku: 260 gr, blender halus)
  • 4 btr telur
  • ½ sdt baking powder
  • 150 gr keju parut (aku: nga pakai)
  • 3 sdm susu kental manis

Cara membuat :

  • Kocok mentega dan gula pasir sampai lembut.masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok rata.
  • Tambahkan tepung terigu,baking powder dan kentang parut,aduk rata.
  • Ambil sedikit adonan,masukkan krim keju,aduk rata,sisihkan.
  • Masukkan coklat bubuk dan dark cooking chocolate ke dlm sisa adonan,aduk rata.
  • Tuang adonan coklat ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.ratakan.
  • Panggang dalam oven 5 menit, angkat,tuang lapisan putih,taburi keju parut.
  • Panggang kembali dgn suhu 160° C hingga matang.


Cara membuat versiku:


Ayak bahan kering, sisihkan. Parut kentang, sisihkan (kentang akan berubah warna jadi coklat karena teroksidasi, tapi tidak masalah karena cakenyakan coklat juga). Pisahkan putih dan kunig telur. Panaskan dandang dengan api sedang. Mixer putih telur dengan 100 gr gula hingga soft peak, sishkan. Mixer sisa gula dengan margarine hingga creamy, masukkan kuning telur satu persatu kocok hingga mengembang. Masukkan 1/5 campuran tepung aduk dengan mixer kecepatan rendah yang diselang selinggi dengan putih telur yang telah dikocok. Terakhir masukkan parutan kentang. Masukkan loyang, kukus dengan api sedang.  

Pada saat pengukusan terjadi masalah, cake aku keluarkan dari kukusan di menit ke 20. Saat aku tes tusuk tidak ada adonan yang nempel, pertanda cake udah matang. Saat aku tekan permukaannya seperti masih ada cairan di dalamnya, tapi aku masih nekad aja membalik dan ternyata dugaan ku benar bagian tengah dan dasar cake masih cair mirip lava brownies. Aku binggung apa terjadi kegagalan komposisi atau cake ini masih belum matang sempurna. Maka dengan mengasumsikan atau cake ini masih belum matang sempurna aku kukus 15 menit lagi. Aku tekan permukaannya dan terasa udah padat, aku keluarkan dari Loyang dan ternyata cake ini udah matang sempurna, jadi total pengukusan 35 menit.

Hasilnya: enak banget, legit, lembut, dan lembab, sesuai harapanku. Wah, benar-benar brownies yang membelai lidah. Resep ini aku rekomendasikan untuk dicoba. Bagi penyuka manis bisa ditambah lagi gulanya 20 gr, tapi kalo untukku manisnya udah pas. Cake ini juga cocok untuk dibuat dalam ukuran cup cake, lain kali akan aku coba.

2 comments:

Anonymous said...

Kentang nya nggak dikukus dulu ya mbak?

journal ibu hanif said...

enggak mbak, diparut kasar aja, kalo mau dikukus juga boleh....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...