Tuesday, 27 November 2012

JAPANESE CHEESE CAKE I

Setelah sukses dengan BCK (Bluebery Cheese Cake), kali ini aku menantang kemampuanku (duh bahasanya..) untuk menaklukkan JCC, awalnya sempat malas karena terkesan ribet dengan teknik ua bain marienya. Namun penasaranku tampaknya menaklukkan rasa malasku. Resepnya aku lihat di sini. Seperti biasa, adrenalin akan terpacu jika resep sedikit di utak-atik dan disinilah letak serunya baking di banding cooking (menurutku..). 


Dalam baking, hipotesa-hipotesaku kadang ada yang sukses dan banyak  juga yang gagal, tapi yang namanya hobi nga ada kata kapok. OK, mari kita coba resep JCC berikut:

Bahan:
50 gr tepung terigu (aku : 40 gr)
50 gr tepung maizena (aku : 40 gr)
60 gr butter (aku : 50 gr)
125 gr gula kastor (aku : 90 gr)
250 gr yoghurt (aku : 200 gr cream cheese bikinan sendiri yang resepnya bisa lihat di sini)
120 ml susu (aku : 80 gr)
5 telur, pisahkan antara kuning dan putihnya (aku : 3 butir )
1 butir telur
2 sdm air perasan jeruk lemon (aku : jeruk nipis yang lonjong, mirip lemon)
1/3 sdt parutan kulit jeruk lemon (cari yg organik) (aku : kulit jeruk nipis yang
lonjong, mirip lemon)
1/3 sdt garam

esen sisilia lemon 2 tetes
 
Olesan:
4-5 sdm air panas
2 sdm munjung selai apricot
(aku : selai blueberry)
 
Cara membuat:
1. Campur yoghurt (aku cream cheese bikinan sendiri), butter , susu serta parutan kulit jeruk. Panaskan hingga butter mencair dan adonan teraduk rata.
2. Angkat dari kompor, masukkan campuran tepung maizena+terigu, aduk rata dan tdk menggumpal. (caraku agar tepung tidak menggumpal, masukkan sedikit-sedikit campuran butter ke terigu, sambil diaduk rata)
3. Jika adonan sdh agak hangat, masukkan 1 butir telur, aduk rata. Setelah itu masukkan air jeruk lemon, aduk rata.
4. Panaskan oven sekitar 160-170°c, siapkan loyang yg dialasi kertas roti dan dibalur dgn butter. Panaskan air untuk au bain marie.
5. Di Baskom yg bersih, tuang putih telur dan garam, kocok sebentar hingga cukup berbusa. Sambil dikocok, tuang gula kastor sedikit demi sedikit. Kocok rata hingga soft peak.
6. Campur adonan yoghurt dan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dgn spatula secara merata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan ke dlm oven bag bawah, panggang dgn cara au bain marie selama 50-60 menit atau sampai matang. Jika bag atas kue sdh berwarna kecoklatan tp kue belum matang, suhu oven bisa diturunkan sedikit tp posisi kue sdh mengembang (sekitar 45 menit didlm oven atau bisa juga kue ditutupi dgn kertas roti /alumunium foil khusus utk oven tp setelah itu oven hrs cepat² ditutup). Jika kue sdh matang, biarkan kue didlm oven hingga suhu oven turun.
8. Masak selai dan air hingga agak kental. Olesi diatas kue yg sdh agak dingin.

Hasilnya : cakenya basah…, ternyata air dari loyang berisi air merembes ke loyang yang berisi cake. Aku terlalu PD mengunakan loyang sambungan (bukan loyang bongkar pasang) yang sebelumnya aku cek memang nga bocor, tapi masih memungkinkan kemasukan air juga, huhuhu. Padahal cake udah mengembang sempurna di oven. Aku cuma icip bagian atas cake yang nga kena rembesan. Mmmm, enak…., wangi jeruknya, lembut cakenya, gurih kejunya bikin nagih. Cake ini ringan, nga ngenyangin kan terigu dan lemaknya cuma dikit ya…

Ilustrasi di atas adalah hasil percobaan ku yang ke dua, resepnya juga aku utak-atik lagi, hasilnya... sukses banget.. dan uenakkkk... 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...