Wednesday 15 May 2013

Hanif flu, nga aku beri antibiotik juga



Telah lebih dari 4 bulan Hanif nga kena flu.  Barulah kemarin setelah perjalanan (Panjang-Bukittinggi, Bukittinggi-Batusangkar dan balik lagi ke Padang) Hanif terserang flu lagi. Pagi bangun tidur, nga terlihat tanda-tanda ia flu. Setelah ayahnya mengajak Hanif keluar rumah jam 5.30 pagi, Ayahnya berkata padaku, “Hanif flu”. OMG,”Apakah karena aku memandikannya tadi malam setelah perjalanan jauh itu” batinku, ataukah tertular nenek buyutnya yang juga flu sewaktu kami ke Batusangkar, ataukah tertular ayahnya yang juga flu karena alergi dingin.
 
Pulang dari Bukittinggi ke Batusangkar
Apapun penyebab flu Hanif, hari-hari berikutnya adalah hari yang berat karena seperti saat sakit sebelumnya, malam hari hanif akan rewel dan sulit diberi ASI ditambah lagi AC kamar aku setting 30*C, maka bertambah gerah lah Hanif. Mmmm, benar saja, malamnya Hanif nangis dan bilang “mimik Bu, mimik..!!” tapi setiap kali disusui nga mau dan dia mengucek-ngucek hidungnya yang seperti tersumbat dan bikin hanif tambah sulit menyusu dan tidur. Paginya Hanif ku jemur di bawah sinar matahari pagi trus aku kasih multivitamin (dan mulai dari tau ia terkena flu, Hanif aku mandikan pakai air hangat), tapi ingusnya masih tetap banyak bahkan hanif kena batuk juga. Malamnya dia masih juga rewel dan nga mau nyusu, akhirnya aku putuskan untuk merah ASI dan aku campur ASI ini dengan sedikit vitamin C (Ester C) yang punya pH netral dilambung jadi baik untuk batita seperti Hanif. Keesokan harinya batuknya sedikit berkurang dan ingusnya masih ada.

Akhirnya pada malam ketiga, aku putuskan AC kamar dimatikan total, ayahnya sempat complain katanya nanti hanif tambah rewel dan aku tegaskan bahwa udara dingin sangat mempengaruhi perkembangan virus flu ditubuh Hanif, maka dengan berat hati ayahnya tidur melantai. Hehehe, emang panas sih, bayangkan aja kota di dekat laut malam hari masih panasss dan mengerahkan (apapun akan aku perjuangkan asalkan hanif tidak begitu cepat diintervensi oleh obat kimia apalagi antibiotic). Keesokan harinya hanif benar-benar nga batuk dan ingusnya nga mengalir seperti sebelumnya.
 
Mmm, ini foto Hanif yang lagi ceria :)
Kebetulan alpokat dan buah jambu biji yang kami bawa dari tempat neneknya di Batusangkar sudah masak maka aku berilah hanif kedua buah ini untuk daya tahan tubuhnya memerangi virus flu. Alhamdulillah, terakhir aku menidurkan hanif dan saat mengetik journal ini, hanif tidak flu dan nga terdengar suara batuknya. Namun AC kamar masih aku matikan dan hanif masih terus aku paksa untuk minum ASI tiap sebentar. Kini Hanif hampir beranjak ke usia 17 bulan dan sekali lagi Alhamdulillah, ia masih belum pernah tersentuk antibiotic dan Parasetamol pun baru sekali itupun diberi lewat anal, saat Hanif panas tinggi 39,8*C. Ketika itu kami membawanya ke UGD dan mestinya dari yang aku baca, bayi tidak boleh dibawa ke UGD karena di sana tentunya banyak berkeliaran kuman penyakit.

Kesimpulanya yang dibutuhkan oleh ibu saat anaknya terserang demam atau flu adalah perhatikan gizinya, lingkungan tempat anak berada, dan kenyamanannya lahir batin. Untuk gizi, ya perhatikan pola makan, selalu beri ASI jika anak menolak, perah ASI dan beri mengunakan sendok, dan jika perlu beri multivitamin yang aman dan buah yang kaya vitamin. Untuk lingkungan, pastikan udara tidak lembab dan dingin, jemur anak di pagi hari (sinar matahari pagi berfungsi sebagai desinfektan/pembunuh kuman), mandikan dengan air hangat. Untuk kenyamanan lahir danbatin anak, peluklah ia, buatlah anak tertawa ceria, bersabar jika ia rewel, usahankan cukup istirahat, peluklah ia, dan susui sesering mungkin sepanjang malam. Memang sedikit repot, tapi setimpal untuk masa depan tanpa ketergantungan antibiotic. Meski kita tak pernah tau bagaimana masa depannya kelak, tapi memberikan perawatan terbaik yang kita mampu perjuangkan juga merupakan “takdir” mereka dari usaha kita.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...