Friday 10 May 2013

Putu ayu, kue murah meriah: praktis, ekonomis dan enak



Tiba-tiba terlintas kue putu ayu di kepalaku (mmm.., emang hampir selalu yang terlintas adalah makanan, hahah). Lihat logistic udah mencukupi, ya udah langsung deh searching resep dan nemu di sini yang kayaknya mengena di hati. Ok, bismillah, mari kita bikin si putu nan ayu ini. Ini resepnya dan sedikit modifikasi bahan dariku:



Bahan:
3 butir telur
150 gr gula
1 sdt emulsifier (aku ½ sdt)
200 ml santan+pasta pandan (aku: 140 ml santan, 60 ml juice pandan dari 15 helai daun pandan yg diblender bersama 100 ml air)
200 gr terigu (210 gr terigu)
1/2 butir kelapa parut ambil putihnya aja,campur dgn sedikit tepung kanji (aku tambahkan ½ sdt garam halus

Cara membuat:
1.kocok telur, gula dan emulsifier hingga kembang
2.masukkan terigu yang sudah di ayak sedikit demi sedikit sambil di aduk perlahan
3.tuang santan aduk perlahan
4.padatkan kelapa yang telah di campur dgn sedikit garam,di dasar cetakan.
5.tuang adonan 3/4 tinggi cetakan
6.kukus hingga matang.

Hasilnya sedikit lebih padat karena aku menambahkan lagi 10 gr terigu, dan memang tekstur yang sedikit lebih padat ini yang aku suka. Penambahan garam pada kelapa parutnya menjadikan kue lebih gurih. Batch pertama sebanyak 7 buah habis samaku sendiri, batch ke dua nambah 4 lagi (nga kapok sakit perut). Emang enak banget, harum pandan dan kelapa parut di atasnya benar-benar klop enaknya…

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...