Friday 28 March 2014

Chocolate mud cupcakes



Saat yang menakutkan dan menyebalkan ketika sedang asik membuat cake adalah mati lampu. Uh, itu lah yang aku alami saat bikin mud cake ini. Oven telah dipanaskan dan cake telah dimasukkan ke dalam cup, ketika saat membuka oven untuk memanggang, lampu tiba-tiba padam. Pinik melanda, karena cakenya mengunakan baking powder jadi musti cepat dipanggang. Untungnya aku pakai baking powder double acting, jadi masih ada toleransi waktu 10-20 menit sebelum gas karbondioksida kabur meninggalkan adonan dan cake akan jadi bantat.

Dalam kondisi gelap, aku meraba oven tangkring, dan dengan gesitnya menaruh ke atas kompor. Panas api yang djisaratkan 160*C dan aku nga punya thermometer oven, jadinya kira-kira saja seberapa besar api kompor yang musti digunakan. Padahal untuk resep ini temperature oven merupakan poin yang krusial untuk menghasilkan tekstur yang lembut mirip lumpur/mud, makanya di resep hanya tertulis proses pemanggangan hanya 15-20 menit.




Setelah oven mulai panas, itu sekitar 10 menit, barulah aku memasukkan adonan cake ke oven. Dengan hati tersiksa (lebay dikit) di dalam redupnya cahaya lampu emerjensi yang hampir mulai padam, aku menunggu bagaimana hasilnya. Aku tunggu 15 menit kemudian masih belum ada tercium bau wangi cakenya hingga 5 menit kemudian barulah aroma coklat membahana di kegelapan. Cake aku keluarkan, dan Alhamdulillah cake mengembang. Dengan insiden mati lampu ini hasilnya tetap memuaskan.

Cakenyanya beneran enak dan lembut banget, seperti yang Mbak Hesti bilang. Bagi yang doyan cake coklat dengan tekstur lembut, resep ini patut dicoba dan nga akan nyesal dengan hasilnya. Cara membuat yang nga ribet dan kemungkinan kegagalan dalam membuatnya juga kecil jadi nilai plus mud cake ini. Bagi  pendatang baru di dunia baking atau ibu-ibu yang sibuk tapi juga tetap pingin menyajikan cemilan sehat, praktis dan enak untuk keluarnya hayo mari dicoba resep ini. Resep asli bisa lihat di sini. Berikut resep yang telah aku modifikasi:



Bahan:

60 gr margarin
60 gr coklat cadburry
80 ml air panas
1 saset nescaffe bubuk
60 gr gula pasir
4 dsm madu
1 butir telur ayam kampong, kocok lepas
70 gr terigu
½ sdt bakingpowder double acting (BPDA)
2 sdm coklat bubuk

Cara membuat:

Panaskan oven pada suhu 160*C. Masak gula, air bersama bubuk kopi hingga gula mencair, tunggu hingga hangat masukkan coklat cadburry dan margarin aduk higga keduanya meleleh. Ayak terigu, coklat bubuk dan BPDA, sisihkan. Masukkan dalam wadah seluruh bahan cair, lalu masukkan kocokan telur. Kemudian masukkan campuran terigu secara bertahap aduk dengan whisk hingga tercampur rata (jangan aduk terlalu lama). Masukkan adonan dalam cup, kemudian panggang 15-20 menit. Setelah dingin hias sesuai selera.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...