Thursday 6 September 2012

Blue Velvet

Sebenernya aku nga begitu tertarik dengan tren cake dengan warna-warna menarik namun mengunakan artificial color seperti rainbow cake, red velvet, ombre, atau blue velvet. Namun terkadang ada gambar-gambar cake yang benar-benar bisa memprovokasi selera, seperti gambar blue velvetnya sedapsekejap.com, yummy bener kelihatanya. Nih resepnya:

Bahan:
8 kuning telur
6 putih telur
1/4 sendok teh garam
150 gram gula pasir halus
100 gram tepung terigu protein rendah
25 gram susu bubuk
15 gram maizena
100 gram margarin, lelehkan
1/4 sendok teh pewarna biru
4 tetes pewarna ungu

Bahan Filling:
200 gram cream cheese
50 gram mentega tawar dingin
100 gram white cooking chocolate leleh
100 gram marshmallow putih dan 3 sendok makan air, ditim
100 gram krim kocok, dari 25 gram krim bubuk dan 75 ml air es, kocok mengembang.

Cara membuat:
  1. Kocok kuning telur sampai kental. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang.
  3. Tambahkan gula pasir halus sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  4. Masukkan kocokan kuning telur. Kocok hingga mengembang kembali.
  5. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan maizena sambil diayak dan diaduk rata.
  6. Masukkan margarin leleh, pewarna biru, dan pewarna ungu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Tuang ke 3 buah loyang 22 cm tinggi 3 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  8. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 25 menit sampai matang.
  9. Filling, campur cream cheese dan mentega tawar. Kocok hingga lembut. Tambahkan white cooking chocolate .Tambahkan krim sedikit-sedikit sambil dikocok rata.Tuang kedalam marsmallow. Kocok perlahan.
  10. Ambil selembar cake oles dengan filling. Tumpuk dengan cake lainnya. Lakukan hal yang sama sampai habis. Tutup seluruh cake dengan sisa filling tidak beraturan.

Udah beberapa kali bolak-balik lihat resepnya kadang ada keinginan namun urung lagi karna ngebanyangin rasa yang udah bisa ditebak dari base cakenya hanya saja diberi pewarna, jadi nothing special kayaknya.
Kemarin ada sodara datang, jadi coba bikin aja barang kali dia suka. Tapi untuk base cakenya, aku pakai resep lapis surabaya lapisan kuningnya aja yang ada di sedapsekejap.com (telurnya lebih hemat, heheh) yang udah sedikit aku dimodifikasi, ini resepnya:

Bahan:
5 kuning telur
3 putih telur
75 gr gula pasir (aku pakai: 90 gr)
35 gr terigu (aku pakai: 60 gr)
10 gr maizena (aku pakai: 15 gr)
10 gr susu bubuk (aku pakai: 20 gr)
100 gr margarine, lelehkan (aku pakai: 50 gr butter dilelehkan dan 50 gr minyak goreng)
(pewarna blue sky ½ sdt)
(pewarna ungu 2 tetes)

Cara membuat:
Panaskan oven dgn suhu 350 F (180 C).
Olesi loyang persegi 22 cm dgn magarine kemudian alasi dgn kertas roti.
Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir hingga benar2 mengembang.
Ayak campuran terigu dan susu bubuk, kemudian masukkan ke dlm adonan telur yg tlh mengembang.
Aduk rata.
Kemudian masukkan margarine yg tlh dilelehkan, aduk sampai benar2 tercampur rata.
Tuang ke dlm loyang, kemudian panggang hingga matang kira2 selama 25-30 mnt.



Cara membuat versi aku: kebetulan nga ada kertas minyak jadi aku loyang ukuran 10x28 cm diolesi margarine kasi taburan tepung. Aduk telur dan 1 sdm gula pasir dengan whisk di atas air mendidih, setelah hangat angkat dan kocok dengan mixer kecepatan sedang masukkan gula secara bertahap, kocok hingga soft peak. Masukkan campuran bahan kering langsung diayang di atas adonan telur secara bertahap kocok sebentar aja dengan mixer kecepatan rendah. 

Masukkan 1 sdm adonan telur ke campuran butter dan minyak goring beserta pewarna blue sky dan ungu aduk rata, sebentar aja jika terlalu lama akan encer). Kemudian masukkan campuran butter ini secara bertahap ke adonan telur, aduk balik hingga rata, sebentar saja jangan keseringana di aduk, adonan akan encer dan bantat nanti. Kemudian tuang ke loyang, oven dengan api sedang (180 C) selama 15 menit kemudian turunkan suhu 160 C (karena aku pakai loyang tinggi takut nga rata matangnya) dan oven hingga matang (lama membakar tergantung jenis oven). Aku pakai oven tangkring, jadi temperatur oven, aku pake firasatku aja karena udah berpuluh kali dipake udah mulai sedikit kenal aku dengan temperature ovenku ini.

Frosting cream cheese :
Aku pakai cara eksperimenku:
Bahan:
60 gr keju cheddar
150 ml susu cair full cream (masukkan dalam kulkas, hingga benar-benar dingin)
100 gr whip cream bubuk (non dairy)

Cara memprosesnya:
Belender keju dan susu cair hingga keju tercampur rata dengan susu. Tuang dalam panci bersama whip cream, lalu mixer hingga membentuk adonan yang creamy. Maka jadilah frosting cream cheese yang enak.

Penyelesaian:
Belah dua cake, beri cream di satu cake lalu tutup dengan cake yang kedua. Kemudian balut seluruh cake dengan frosting cream cheese dan hias dengan buah sesuai selera (aku pakai jeruk mandarin kaleng). Simpan sebentar si kulkas dan siap disantap.

Hasilnya: kata sodaraku "untuk frosting cream cheese enak dan nga bikin eneg, ditambah segarnya buah yummy, tapi cakenya kurang lembab dan lembut, jadi kurang mewah. Coba kasih rasa mint cakenya, kan cocok untuk warna biru". Mmmmm, benar, benra juga ya, lain kali aku kasih simple sirup aja biar rada moist dan perisa mint. Tapi overall cukup puaslah.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...