Friday 28 March 2014

Lime Carrot Cake, segar dan enak

Cake wortel atau yang lebih popular disebut carrot cake sebelumnya sudah pernah aku coba bikin, tapi rasanya kurang memuaskan terasa langu di lidah. Sepertinya rasa langu ini timbul karena wortelnya aku blender, tidak diparut. Selain terasa langu cake yang dihasilkan juga lembek dibagian tengahnya, sepertinya kandungan air dari wortelnya keluar semua sehingga cake yang dihasilkan mirip cake lumpur gitu.


Sebenarnya sejak saat itu aku udah nga tergerak sekali pun untuk mencoba lagi, karena rasa cake ini benar-benar aneh di lidahku. Karena ingin membuat camilan sehat untuk Hanif, itulah alas an yang mengerakkanku ingin membuat kembali cake ini. Wotelnya tidak lagi aku blender tapi mengunakan parutan keju. Trus aku juga tidak mengunakan kulit manis tapi perasan jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis, agar cake lebih terasa segar.


Alhamdulillah cake yang dihasilkan enak, manisnya pas, jeruk nipis memberikan aroma segar pada cake ini. Teksturnya juga bagus, nga mirip lumpur alias nga lembek. Namun karena hasil parutannya kasar, parutan wortel ini jadi mengendap di dasar cup. Lain kali sebaiknya menggunakan parutan yang lebih halus lagi, agar wortelnya nga mengendap. Ok, berikut resep yang telah aku modifiaksi:


Bahan:

3 butir telur
120 gr gula pasir
¼ sdt garam halus
6 sdm madu
130 gr terigu protein sedang
¼ sdt baking powder double acting (BPDA)
¼ sdt baking soda
230 gr wortel, parut kasar
80 gr margarin, lelehkan
80 gr minyak zaitun
¼ sdt vanili
4 sdm sari jeruk nipis
2 sdt parutan kulit jeruk
Frosting: 300 ml dairy whipcream


Cara membuat:

Panaskan oven 160*C. Ayak terigu, BPDA, dan baking soda. Masukkan kertas cup ke dalam cetakan muffin. Campur madu dan parutan wortel hingga tercampur rata. Mixer gula, garam, vanili, dan telur hingga kental, lembut, dan mengembang. Masukkan terigu secara bertahap, aduk sebentar saja. Kemudian masukkan wortel. Isi adonan ke dalam kertas cup ¾ bagian cup. Panggang sekitar 20 menit atau hingga matang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...