Friday, 14 December 2012

Japanese Roll Cake Nan Lembut

Pernah terbesit dalam fikiranku bagaimana ya kalo japanese cheese cake dijadikan roll cake. Trus saat kemarin nyasar di blog ya Mbak Hesti clingak clunguk eh wait..., kok menarik gitu roll cakenya, ternyata namanya Japanese Roll Cake. Tertarik juga mau nyoba, kemudian aku tanya ke paman google. Akhirnya nemu beberapa resep dan aku klipingin. Setelah baca-baca maka pilihan jatuh pada resep yang ada di blog Ummu Afif. Nih resepnya, resep aslinya bisa lihat di sini, kalo nga ngerti tinggal minta tolong paman google lagi buat transletin, hahaha..
 

Resep : 
bahan A (kuning telur) :
3 bh kuning telur (aku: 4 buah) 
35 gr gula (aku: 40 gr)
40 cc minyak (aku: 50 ml)
60 cc air
sedikit vanila esen (ga pakai,ga ada)
70 gr terigu (aku: terigu 80 gr)
10 gr cocoa powder (aku: nga pakai)

bahan B (putih telur tuk motif):
1 bh putih telur (aku: 100 gr, mumpung ada sisa puith telur)
5 gr gula (aku: 20 gr)
sejumput tepung maizena (cornstarch) (aku: dua jumput)
5 gr tepung terigu (aku: 10 gr)
aku: 3 tetes pewarna hijau
aku: 3 tetes pewarna pink

bahan C ( putih telur ): 
3 bh putih telur (aku: 4 buah)
25 gr gula (aku: 50 gr)
1 sdt tepung maizena (tepung cornstarch) (aku: 20 gr)

bahan air sirup : --> saya ga pake
10 gr gula
20 cc air
 

bahan krim :
150 cc fresh cream
14 gr gula
 
versi aku:
100 gr margarine
100 gr Hollman soft cream
40 ml susu kental manis
Vanilla bubuk ½ sdt
100 gr Keju cheddar

isian : 1 bh pisang 

  1. kocok bahan A : mixer telur dan gula sampai putih . masukan minyak ->air ->vanila esens . tambahkan tepung yg sudah diayak . kocok sampai kental . jangan masukkan dulu cocoa powder, masukinnya belakangan 
  2. Buat bahan B : kocok putih telur hingga sedikit mengembang lalu tambahkan gula secara bertahap lalu kocok hingga soft peak . terakhir masukan tepung maizena,kocok hingga tercampur rata.  
  3. Ambil 4 sdm adonan A ,tambahkan tepung terigu,aduk. masukkan bahan B .aduk rata. Bagi dua adonan,campur sebagian dengan pewarna hijau dan sebagian warna pink. Lalu masukkan ke plastic segitiga.
  4. Untuk motif, aku membuat motif lingkaran di kertas minyak dengan pensil,lalu taruh terbaik di dasar loyang 30x30x3 cm yang telah diolesi margarine. Apliksikan adonan motif yang telah dimasukka ke plastic segitiga sesuai dengan pola yang telah ada. Kemudian panggang dioven yg udah dipanaskan terlebih dahulu ,170 derjat selama 1 menit!
  5. Bikin bahan C : kocok putih telur hingga sedikit mengembang lalu tambahkan gula secara bertahap lalu kocok hingga soft peak . terakhir masukan tepung maizena,kocok hingga tercampur rata.  
  6. Kemudian masukkan sedikit dulu bahan C ke bahan A ,aduk rata. Lalu masukkan sisa bahan C bertahap (2 ~ 3 kali) aduk sampai rata.
  7. Tuangkan adonan ke loyang yg sudah bermotif tadi. Jatuhkan perlahan loyang ke bawah 20 cm dari meja, untuk mengeluarkan udara, ratakan adonan . Panggang pada suhu 170*C selama14 menit, sebelumnya oven yg udah dipanaskan. Karena aku pake oven tangking, jadi kira-kira aja apinya dan aku keluarkan dari oven setelah 20 menit.
  8. Gulung cake dalam keadaan hangat,tidak dingin dan tidak panas, dengan kertas minyak. Dinginkan.  Setelah dingin,buka kembali gulungan, lalu olesi bagian dalam cake dengan butter cream,kemudian parut keju di atasnya. Lalu gulung kembali dan diankan di kulkas sampai set untuk dipotong.
Hasilnya: bagian dasar cake rada coklat, sepertinya apinya agak besar atau manggangnya yang kelamaan, mmm.. butuh thermometer nih lain kali. Ok,nga masalah bagian permukaan cake yang nga menguning yang juga aku beri motif akhirnya yang aku jadikan bagian permukaan bolu gulung ini. Alhamdulillah nga mengecewakan, lihat aja gambarnya,o khan,,,,. Ohiya, bicara soal tekstur emang lembut banget, enak. Krim yang nga terlalu manis dipadu gurihnya keju, bikn cake ini nga eneg,mmmm…yummy, perfecto!!!! Ternyata d untungnya juga sesekali bertandang ke foodie bloger, hahaha.

2 comments:

wenny hariany said...

Salam kenal jg mb...wah keren tuh mb japannese roll cake nya. Sy blm pernah nyoba tuh. Next time nyobain deh. Thanks ya udh "berkunjung" ke Wenny Kitchen

Anonymous said...

Hai mbak wenny, senangnya udah di reply dan maksh juga udah jalan ke blog saya. Ia.. wajib dicoba mbak :), lembuttt teksturnya, enak...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...