Wednesday 17 October 2012

Black forest cake

Kepingin coba menghias cake dengan benar, tapi yang nga begitu ribet spuitnya maka setelah mikir panjang, aku putuskan bikin black forest aja. Base cakenya aku lihat resep sponge cakenya wenny yang sebelumnya udah pernah aku coba. Semua bahan resep aku konversi menggunakan enam telur, lalu aku pakai setengah bahan resep yang enam telur itu. Kali ini aku menggunakan minyak goreng sebagai pengganti butter dan komposisi terigu dikurangi 15 gr, disubtitusi dengan coklat bubuk . Ini resep base cakenya (komposisi yang aku modif berada dalam kurung):


Resep sponge cake
5 eggs (3 butir)
150 sugar (100 gr)
100gm flour (45 gr, protein sedang, ex. segitiga biru dan 15 gr coklat bubuk)
¼ sdt emulsifier
25gm cornstarch (15 gr maizena)
1/2 tsp baking powder (1/4 baking powder)
50ml milk + 1 tsp vanilla extract (35 ml susu cair dan 3 tetes esen coklat)
1 sdt peres agar-agar
50gm butter, melted (35 ml minyak goreng)
 
Beat eggs and sugar over hot water until mixture is thick, and pale for about 5 mins on high until Ribbon stage. The bubbles should be very very fine. Sift flour, cornstarch and baking powder together. Fold in flour mixture in 3 additions, alternating with milk.
Lastly, put some batter into the melted butter, and combine. Put the buttered batter back into the main batter and fold to combine. Pour batter into a 8 or 9 inch round pan (bottom lined). Bake in a preheated oven of 170/180C for 30-35 minutes. Overturn cake for 2 mins after removal from oven and turn it upright again. Loosen sides from pan and remove from pan for total cooling.

Cara membuat versi aku:
Aduk susu, vanili dan agar-agar hingga rata, sisihkan. Ayak terigu, maizena, baking powder, dan coklat bubuk, sisihkan. Kocok telur dengan 2 sdm gula dengan cara double boiler, pakai kec rendah tingga hangat, angkat. Kocok dengan kec medium sambil masukkan gula perlahan setelah agak kembang tambahkan emulsifier lalu kocok hingga soft peak. Masukkan campuran terigu juga diayak langsung di atas panci adonan telur, mixer dengan kecepatan rendah bentar aja.

Masukkan campuran susu bertahap, mixer dengan kec rendah bentar aja. Terakhir masukkan minyak goreng secara bertahap, aduk dengan kecepatan rendah, blower dijalankan mulai dari dasar panci ke arah atas secara memutar tujuannya untuk mencampur sekaligus menggangkat minyak yang mengendap di dasar panci. Lalu cek dengan spatula dengan cara aduk balik (folding)  untuk memastikan tidak ada minyak yang mengendap di dasar panci. Selasai masukkan ke loyang ukuran 10x10x3 cm, bakar dengan api sedang 9kira-kira 170/180 C sampai matang, tes tusuk agar tidak over baking, kalo over baking cake nga moist lagi alias kering dan seret.

Untuk frosting aku ngarang nih resepnya, vla di campur denga krim kocok, eh… ternyata campuran ini ada namanya juga, yaitu diplomat, mmmmhhh :). Ini resepnya:

Resep cream vanilanya:
4 sdm maizena
200 ml susu cair
2 sdm susu kental manis
100 ml air putih
1 sdm butter
2 cubit garam
50 gr gula pasir
1 kuning telur
2 tetes esen vanilla
100 gr non dairy whip cream
100 ml air dingin

Cara membuatnya: 
buat vla terlebih dahulu caranya; campur dalam gelas susu cair, susu kental manis, kuning telur, dan maizena, aduk hinnga tercampur rata. Masak gula, garam, dan air hingga larut. Kemudian masukkan campuran maizena masak hinnga kental dan meletup. Kecilkan api masukkan butter dan esen vanila, aduk hingga tercampur rata. Dinginkan.
Pada wadah lain kocok whip cream dan air dingin hingga kembang, kemudian masukkan vla yang telah benar-benar dingin, kocok hingga benar-benar tercampur rata. Cream siap digunakan.

Vla dark cherrynya aku ambil dari blog mbak rikhe, makasih ya mbak resepnya.
Vla Dark Cherry:
1 kaleng dark cherry, pisahkan buah dan airnya
300 ml air dark cherry (air dark cherry kalengan ditambah air sampai 300 ml)
50 gram gula pasir
3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air dark cherry

Cara membuat:
1. Belah dua buah dark cherry. Sisihkan.
2. Masak air dark cherry dan gula pasir hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan larutan maizena. Aduk-aduk dan masak hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Masukkan potongan buah dark cherry. Aduk rata. Dinginkan.


Hasilnya: base cakenya enak, lembut, ringan karena pakai minyak goreng alih-alih butter atau margarin, dan rasa pahit dari emulsifer nga kerasa karena aku pakai dikit aja emulsifiernya,mmmm so yummy. 

Dipadu dengan cream yang ringan dan lembut, setiap gigitan cake ini benar-benar memanjakan selera dan nga begitu membuatku merasa "berdosa" karena campuran vla dan cream non dairy ini nga mengandung banyak lemak. Bagi penikmat cake kayak aku ini, icip sepotong black forest cake ini masih kurang, pingin lagi dan lagi (hahahaha... deskripsinya rada lebay ya, tapi suer emang enak lo...)


Untuk pecinta cake coklat sepertinya jumlah coklatnya harus ditambah lagi ya.., karena cakenya kurang nyoklat menurutku. Lain kali aku juga ingin menambahkan keju pada creamnya agar lebih gurih dan kaya rasa, mmm... pingin coba lagi ah.....




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...