Sunday 4 November 2012

Cup cake III (cup cake pandan)

Pingin bereksperimen dengan cup cake lagi..., kali ini aku modifikasi resep cup cake II yang udah suskses aku taklukkan (PeDe itu point penting dalam baking, hahah..). Penggunaan susu cair yang ada pada resep aku subtitusi sebanyak 70 ml dengan juice pandan (20 lembar pandan di blender dengan 100 ml air). Selain itu komposisi butter aku nihilkan jadi semua lemak yang digunakan adalah margarin. Ini resepnya:

Bahan:

telur ayam 3 butir, antara kuning telur dengan putihnya dipisahkan
cokelat chips 100 gram (aku nga pakai)
tepung terigu protein 200 gram (200 gr terigu dan 30 gr maizena)
baking powder (BP) 1/2 sendok teh (aku ½ sdt diayak bersama terigu dan ½ sdt dimixer bersama putih telur)
mentega tawar 75 gram (aku nga pakai)
margarin 100 gram (aku pakai 170 gr)
gula pasir 125 gram (aku pakai140 gr )
susu cair 100 ml ( aku 80 ml di tambah 70 ml juice pandan)
esen vanili 1 sendok teh (nga pakai)

Buat frostingnya: (aku nga pakai resep ini, tapi pakai whip cream+susu kental manis+cream chesse+ susu cair full cream)
putih telur 1 butir
gula halus 200 gram
air jeruk nipis 2 sendok teh
butter cream 200 gram
pewarna makanan biru muda secukupnya

Cara membuat:1. Tepung terigu dan baking powder dicampur, kemudian diayak dan disisihkan.
2. Putih telur 
bersama ½ sdt BP dikocok sampai kaku dan mengembang, kemudian disisihkan.
3. Gula pasir dan mentega 
kocok sampai lembut, lalu campurkan esen vanili dan kuning telur, kocok sampai rata. Secara bergantian, masukkan tepung terigu dan campuran susu cair pandan. Masukkan coklat chip dan putih telur kemudian semuanya diaduk hingga rata (aku nga pakai).
4. Tuang adonan ke dalam cup kertas dan panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
5. Untuk membuat hiasan, putih telur dikocok sampai agak mengembang kemudian masukkan gula halus sambil tetap dikocok sampai mengembang. Masukkan air jeruk nipis, aduk hingga rata. Adonan putih telur tadi selanjutnya dimasukkan kedalam plastik segitiga, semprotkan ke atas loyang beralas kertas roti sampai terbentuk butiran salju. Panggang dalam oven bersuhu 100 derajat celcius sampai selama 5 menit sampai keras, kemudian angkat.
6. Selanjutnya pewarna biru muda dicampur dengan butter cream, aduk hingga rata. Masukkan adonan butter cream kedalam plastik segitiga, semprotkan ke atas cup cake sampai rata, letakkan 1 buah salju diatasnya.

Hasilnya: harum pandan, lembut, dan legitnya cake ini berpadu menghasilkan cita rasa tipicalnya daerah tropis alias cup cake dengan penampilan moderen diberi sedikit sentuhan rasa cake tradisional, jadi buat orang tua-tua yang kurang klop dengan rasa keju dan susu yang kuat tampaknya akan cocok dengan cake ini (wah udah mulai ngaur redaksinya, tapi beneran aroma pandan asli tampaknya nga orang yang suka,mmm wangi..). Pokoknya TOP banget deh.....



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...