Thursday 1 November 2012

Cup cake II

Ceritanya.. aku masih menguji resep cup cake karena udah mulai bosan ngutak-atik sponge cake, dan masih dengan adikku yang sedang doyan menghias cup cake. Kali ini aku pakai resep yang irit telur, aku nga ingat nemu dimana resepnya (kemarin browsingnya buru2, lupa nge-save link sumbernya), yang pasti buat Si penulis resep yang udah mau berbagi resep ini dengan ikhlas udah pahala dari Allah. Ini resepnya:

Bahan :
telur ayam 3 butir, antara kuning telur dengan putihnya dipisahkan
cokelat chips 100 gram (aku nga pakai)
tepung terigu protein 200 gram (200 gr terigu dan 30 gr maizena)
baking powder (BP) 1/2 sendok teh (aku ½ sdt diayak bersama terigu dan ½ sdt dimixer bersama putih telur)
mentega tawar 75 gram (aku 70 gr)
margarin 100 gram
gula pasir 125 gram
susu cair 100 ml ( aku 150 ml)
esen vanili 1 sendok teh

Buat frostingnya: (aku nga pakai resep ini, tapi pakai whip cream+susu kental manis+cream chesse+ susu cair full cream)
putih telur 1 butir
gula halus 200 gram
air jeruk nipis 2 sendok teh
butter cream 200 gram
pewarna makanan biru muda secukupnya

Cara membuat:
1. Tepung terigu dan baking powder dicampur, kemudian diayak dan disisihkan.
2. Putih telur
bersama ½ sdt BP dikocok sampai kaku dan mengembang, kemudian disisihkan.
3. Gula pasir dan mentega
kocok sampai lembut, lalu campurkan esen vanili dan kuning telur, kocok sampai rata. Secara bergantian, masukkan tepung terigu dan susu cair. Masukkan coklat chip dan putih telur kemudian semuanya diaduk hingga rata.
4. Sekarang saatnya menuangkan adonan kedalam cup kertas dan panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
5. Untuk membuat hiasan, putih telur dikocok sampai agak mengembang kemudian masukkan gula halus sambil tetap dikocok sampai mengembang. Masukkan air jeruk nipis, aduk hingga rata. Adonan putih telur tadi selanjutnya dimasukkan kedalam plastik segitiga, semprotkan ke atas loyang beralas kertas roti sampai terbentuk 
butiran salju. Panggang dalam oven bersuhu 100 derajat celcius sampai selama 5 menit sampai keras, kemudian angkat.
6. Selanjutnya pewarna biru muda dicampur dengan butter cream, aduk hingga rata. Masukkan adonan butter cream kedalam plastik segitiga, semprotkan ke atas cup cake sampai rata, letakkan 1 buah salju diatasnya.

Hasilnya: lebih lembut, teksturnya lebih halus, lebih lembab dan lebih enak dibandingkan resep cup cake I yang kemarin aku buat. Cocok banget deh resep ini dengan seleraku…..

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...