Monday 29 October 2012

Cup cake I

Akhirnya.... aku, Ayah Hanif, dan Hanif pulang ke Pekanbaru buat ngurus pindah yang udah hampir setahun nga kelar-kelar. Di rumah, aku dan adik perempuanku membahas tentang macam-macam toko cake di sini dengan harga yang dahsyat menurutku. Dia yagn nga hobi nge-baking menjadi korban tren cupcake, rainbow, n chesse cake. Terprovokasi aku, yang menyarankan agar adikku belajar sedikit cara membuat cake, akhirnya kami langsung tanya pak google n dihantarkan ke sini yang gambar dan resepnya yang terlihat menarik. Ini resepnya:

Bahan:
  • 175 gr margarin (aku 80 gr butter dan 100 gr margarin)
  • 125 gr gula pasir halus
  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 160 gr tepung terigu protein sedang (aku tambahkan 1 sdm lagi terigu)
  • 30 gr tepung maizena
  • 60 ml susu evaporated (aku pakai susu cair)
  • 1 sdt poppy seed (aku ga pakai)
  • 1/4 sdt esens vanila

Cara membuat:
  1. Kocok margarin dan gula sampai lembut, kemudian masukkan telur satu persatu bergantian dengan setengah bagian tepung terigu.
  2. Larutkan tepung maizena dengan susu cair, dan masukkan sisa terigu bergantian dengan campuran maizena ke dalam adonan.
  3. Tambahkan esens vanila, kocok rata agar resep cupcake lembut
  4. Tuang ke dalam paper cup yang sudah ditata dalam loyang muffin.
  5. Panggang selama 20 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
  6. Hias dengan buttercream.

Hasilnya 24 buah.
Hasilnya: terlalu berminyak dan terlalu padat, lain kali aku coba pakai 150 gr saja. Ada sedikit kesalahan, minyak dan telur memisah, o My. Menurut analisaku, setelah butter dan gula aku kocok sampai creamy, sebaiknya pengocokkan telur utuh (kuning dan putihnya) kedalam adonan tidak terlalu lama (sampai tercampur rata saja). 

Lain kali aku coba memisahkan kuning dan putih telur agar tekstur cake lebih bervolume dan nga padat. Ini dikarenakan putih telur yang dikocok terpisah akan berkontribusi dalam menghasilkan rongga udara  yang mengisi pori pada adonan nantinya.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...