Tuesday 13 November 2012

Cupcake IV (soft, but too moist n watery)



Dan lagi… cupcake!!!, saat ini aku lagi keranjingan cup cake, di saat pamornya udah mulai lewat. Kali ini pakai resep NCC:

Cupcakes IV
Bahan:
125 gram butter
1/2 sdt vanilla essens
250 gram gula pasir (gula 200 gr)
2 butir telur
100 gram terigu (aku : 200 gr terigu protein sedang)
100 gram coklat bubuk (aku : nga pakai)
1 sdt baking powder
175 ml susu

cara membuat:
-Panaskan oven 180 derajat celcius.
-Siapakan loyang cupcakes
-Kocok dengan mixer mentega,gula dan vanilla essense sampai mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok samapai rata dan mengembang.
-Masukan tepung dan susu secara bergantian, aduk rata.
-Tuang kedalam loyang, kira-kira 2/3 dari tinggi loyang. Panggang 15-20 menit.

Hasilnya: terlalu lembab dan begitu mengandung air, aku rasa ini karena pengunakan susu yang terlalu banyak. lain kali aku akan kurangi pengunaan susu cair jadi 100 ml aja. Rasanya juga masih manis walaupun pengunaan gula sudah aku kurangi 50 gr. 

Ada pelajaran berharga juga yang aku dapat, begini ceritanya: oven tangkringku nga muat untuk memanggang sekaligus adonan dibagian tengah rak sedangkan adonan ini nga boleh ngantri karna mengunakan baking powder dan nga pakai emulsifier, jadi sebagian adonan aku taruh di rak bawah. Setelah 15 menit di oven, adonan yang aku taruh di rak tengah nge dome sedang adonan yang aku taruh di rak bawah meluber. Melihat kejadian ini api kompor aku kecilkan dikit. Saat cake matang dan keluar oven, cake yang berada di rak bagian tengah oven turun dikit, sedangkan cake yang aku taruh dibagian bawah ambas hingga 1/3 bagian dan bagian tengah cake pun masih kurang matang.

Kesimpulannya, untuk cup cake yang nge dome dibutuhkan temperature oven yang benar-benar optimal karena ini merupakan critical point reaksi baking powder dengan cairan saat proses pemanggangan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...