Thursday 13 December 2012

Saatnya beralih ke chiffon cake

Aku selalu bertanya kok nga ada ya resep-resep chiffon cake yang beredar mensubtitusi minyak goreng dengan butter. Bukannya butter juga punya titik leleh yang rendah (sekitar 32-35*C). Kesampingkan dulu dampak negative butter dibandingkan minyak goreng jika bicara soal kegurihannya pada cake, hahha. Sebelumnya aku sudah pernah mencoba bolu gulung dengan teknik chiffon yang juga aku coba memodifikasi sedikit, bisa lihat di sini. Namun kali ini aku ingin lebih berani lagi dalam memodifikasi resep tersebut. Berikut resepnya:

Bahan Cake:
125gr terigu (aku: 150 + 1 sdm mujung susu bubuk)
aku: ½ sdt vanilla bubuk
aku:  ½ sdt BP double acting
50gr gula halus (aku: 60 gr gula pasir biasa)
70ml minyak goreng (50 gr, bukan volume ya tapi berat + 50 gr butter leleh)
100ml susu cair (aku: 120 ml)
5btr kuning telur
5btr putih telur
1/2sdt garam
75gr gula pasir (aku 90 gr)
aku: 1 sdm air jeruk nipis
75gr selai jeruk (nga pakai)


Bahan Selai (versi aku):
150 gr margarin, yang berkualitas ya
50 ml susu kental manis
keju cheddar

cara membuat:
1. ayak tepung terigu, susu bubuk, BP double acting, vanili. tambahkan gula halus. aduk rata
2. campur minyak goreng dan susu cair,  sampai rata. tuang ke capuran tepung terigu sedikit² sambil diaduk rata
3. tambahkan kuning telur, aduk rata. sisihkan (kalo aku karena nga pakai gula halus, jadi gula dan seluruh kuning telur aku mixer sampai selurh gula larut, baru dicampur sedikit-sedikit ke adonan tepung)
4. kocok putih telur, garam,dan gula hingga kaku.
5. tuang ke campuran terigu sedkit² sambil diaduk perlahan, nah kalo aku kebalikannya mencampurkan adonan terigu ke kocokan putih tel dalam 3 tahap.
6. tuang diloyang 28x28x4 yang dialasi kertas roti tanpa dioles margarin
7. oven 30menit dengan suhu 180 derajat
8. oles cake dengan selai jeruk. gulung dan padatkan. seputar bolu gulung dan tips ya bisa lihat di sini.

Hasilnya: lebih padat dibanding modifikasi  sebelumnya, rasanya lebih enak dan lebih harum.Cocok digunakan sebagai base cake mensubtitusi sponge cake. Karena sifat cake ini yg padat maka ia tidak bisa dijadikan base cake untuk bolu gulung. Untuk bolu gulung aku rekomendasikan sebaiknya mengunakan resep Kreasi Bolu Gulung Majalah Sedap nemu di sini yang aku modifikasi di sini. Meskipun lebih padat tapi cake ini tetap moist dan nga seret seperti sponge cake, mmm yummy deh….

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...