Tuesday 23 October 2012

Semur ayam kampung dan kentang


Bikin semur ayam sepertinya enak nih. Selama merantau di Padang, yang udah hampir satu tahun, aku belum pernah bikin semur.  Ini resepnya, aku nemu di sini:





Bahan Semur Ayam Kentang :
500 gr kentang, potong tebal 1 cm
500 gr ayam kampung, potong-potong

Air 500 ml


750 ml santan dari 1 btr kelapa (aku 400 ml saja)
1 sdt gula merah (aku nga pakai)

bawang goreng (nga pakai)
 
Bumbu yang dimasukkan setelah bumbu halus ditumis (Bahan B):
4 sdm kecap manis
1 bh tomat, potong-potong
2 sdm cabe goreng
4 butir cengkeh
2 cm kayu manis
1/2 biji pala, haluskan
1/4 pekak
1 butir kapulaga
Jahe 2x1 cm
daun bawang 2 batang
seledri 2 batang

Bumbu Halus (Bahan A):
1 sdt lada ( aku 1/2 sdt saja)
1 sdt garam
3 bh kemiri
3 siung bawang putih
4 bh bawang merah

Cara Membuat Semur Ayam Kentang :
1. Rebus ayam dengan 500 ml air, hingga empuk, goreng ayam tersebut. Kemudian goreng kentang hingga matang, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai matang. Masukkan  bahan B. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan kentang, air rebusan ayam, dan santan.
4. Setelah matang, angkat lalu hidangkan dengan bawang goreng.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...