Saturday 24 November 2012

Klapertart dengan tekstur moist


Teringat masa kuliah di Bandung dulu, aku pernah nyoba klaprtart cuma sekali. Ntah angin apa yang tiba-tiba membawaku ke kenangan di masa itu. Masa yang cukup pahit untuk dikenang tapi menjadikanku lebih kuat. Masa dimana aku harus minum obat hampir 1 tahun, masa pengantin baru yang mesti terpisahkan oleh jarak, masa kesabaran di uji mengahadapi pembimbing yang hipertensi. Ah, tapi nga semuanya pahit, karena itu juga masa aku memulai hidup baru dengan laki-laki ter-altruistik yang pernahku kenal.

Ok cukup dulu ceritanya. Ini resepnya (aku lihat di sini):

KLAPERTART KEJU
Majalah Sedap

Bahan :
1. 600 ml susu cair
2. 125 gram gula pasir (aku 150 gr)
3. 60 gram tepung terigu (aku 50 gr)
4. 30 gram tepung maizena (aku 40 gr)
5. 250 gram cream cheese, kocok lembut (aku nga pakai, pakai keju cheddar di parut, 80 gr)
6. 50 gram mentega tawar (aku butter 100 gr)
7. ½ sdt air jeruk lemon (aku nga pakai)
8. 1 sdt parutan jeruk lemon (aku nga pakai)
9. ½ sdt garam (aku nga pakai)

10. 5 kuning telor
11. 50 gr keju parut
12. 200 gr kelapa muda, kerok lebar
13. 1 sdt kayu manis peres
14. ½ sdt vanilla bubuk

Bahan Topping :
1. 3 putih telur (aku 5 putih telur)
2. 50 gr gula pasir (aku 3 sdm)
3. 1 sdm tepung terigu (aku 2 sdm)
4. 25 gr kismis (aku nga pakai)

Cara Membuat :
1. Rebus 450 ml susu cair dan gula pasir sampai mendidih
2. Larutkan tepung terigu dan maizena dengan sisa susu cair. Masukkan ke dalam rebusan susu. Masak sambil diaduk2 sampai mendidih dan meletup-letup angkat.
3. Tambahkan cream cheese, mentega tawar, air jeruk lemon. Aduk sampai licin. Tambahkan kuning telur. Aduk rata
4. Masukkan keju cheddar parut, kelapa muda. Aduk rata. Tuang ke loyang aluminum foil.
5. Oven dengan cara au ban marie, 40 menit dengan sushu 160 derajat sampai setengah matang.
6. Topping : Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir. Kocok sampai mengembang. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.
7. Tuang diatas klapertart. Taburi kismis (kalau yani ditaburi keju aja ). Oven lagi selama 20 menit dengan suhu 160 derajat sampai matang
J kecoklatan.

Caraku  memanggang : Aku tidak menggunakan teknik au bain marie, jadi langsung masuk ke cupcases dan panggang di rak tengah dengan api kecil selama 25 menit.

Hasilnya: enak…., lembut, so yummy lihat saja gambar di samping ini, slurp.. nambah lagi ah.... Padahal aku nga mengunakan tepung custard dan kismis tapi tetap enak. Lain kali aku gunakan kelapa muda yang lebih banyak, biar lebik woukehhh..!!!

Oh iya catatanku, lain kali adonan yang telah dicampur dimasak hingga mendidih tujuannya supaya aroma terigu yang belum matang nga terasa dan juga agar klapertartnya tahan lama alias nga cepat basi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...