Saturday 1 December 2012

Pie Apple

Ayah hanif beli apel banyak, mmm.. udah lama punya niat bikin pie apple tapi nga ke sampean. Nah mumpung ada apel yang nganggur ya udah tancap gas cari resep pie apel. Resepnya aku lihat di sini, yang resep aslinya dari Riana Ambarsari, ini selengkapnya:

Adonan Isi Apel :
  • 2 buah apel (aku: apel washington 4 buah), kupas, iris2, rendam dalam air jeruk lemon supaya ngga coklat warnanya (aku nga pakai di rendam jeruk lemon)
  • 1 sdm tepung terigu
  • ½ sdm tepung maizena (aku 1 sdm )
  • ½ sdt kayu manis bubuk
  • ¼ pala bubuk (aku nga pakai)
  • 60 gr gula pasir
  • 35 gr kismis , aku nga pakai 
  • aku : 4 sdm air jeruk nipis
  • aku : 2 tetes esen lemon sisilia
Karamel: ( jurus tambahan)
100 gr gula pasir

Kulit Pie :
  • 250 gr tepung terigu serbaguna (aku : 500 gr)
  • 125 gr mentega ( aku: 150 gr BOS dan 70 gr wisjman)
  • ½ sdt garam
  • 5 sdm air dingin (aku: 40 ml susu cair full cream, yang dingin)
Olesan (aduk jadi satu) –  :
  • 1 sdm mentega
  • 1 buah kuning telur
Vanilla Custard :
  • 2 buah kuning telur
  • 50 gr tepung maizena
  • 500 susu segar
  • 75 gr gula pasir
  • 1 sdm vanila extract

Cara Membuat :
Adonan Isi Apel :
  • Campur semua bahan2 dalam panci, gunakan api kecil, aduk sesekali supaya semuanya merata dan mencegah gula pasir menjadi gosong. Masak sampai apel setengah matang (patokannya apel terlihat layu tapi kalo di makan masih berasa gres-gres) dan airnya mengental, angkat, sisihkan
Karamel:
Gula pasir di masak dengan api kecil sampai berwarna coklat, lalu masukkan adonan isi pie ka dalam larutan karamel ini aduk rata.

Vanilla Custard :
  • Campur tepung maizena dengan beberapa sendok makan susu, tambahkan kuning telur, aduk rata, sisihkan
  • Panaskan susu dan gula, aduk terus sampai gula tercampur (hati2 jaga jangan sampai mendidih, karena susu cepat pecah)dengan api kecil, matikan api. Masukkan beberapa sendok susu panas ke dalam adonan kuning telur dan maizena, aduk cepat, kemudian masukkan ke dalam adonan susu panas, aduk cepat. Nyalakan lagi api kecil, tetep aduk sampai adonan meletup-letup, angkat, diamkan sampai dingin.
Kulit Pie :
  • Campur mentega, garam dan tepung terigu sampai adonan menjadi seperti butiran-butiran kecil. Masukkan air dingin (dalam kasus saya, saya ganti dengan telur), aduk sampai adonan bisa di bentuk/menjadi satu.
  • Bungkus dengan plastik, masukkan ke kulkas selama 15 menit
  • Taburkan tepung terigu di meja kerja, gilas adonan, kemudian masukkan kedalam cetakan pie yang sudah dioles mentega sebagai dasar pie. Masukkan adonan isi apel dan Gunakan kulit sisanya untuk menutup atas pie.
  • Olesi bagian atas pie dengan bahan olesan
  • Oven dengan suhu 180 derajat sekitar 25 menit sampai matang
Penyajian :
  • Sajikan apple pie dengan vanilla custard  
Hasilnya: rasanya rada aneh karena aku kasi jeruk nipisnya kebanyaakan, asemmmm dan nga nyambung esen lemon sisiliany adengan kulit manis. trus saat baking terjadi insiden, karamelnya meletup-letup dan keluar dari loyang, beuhhhh..., panik,,. Trus langsung diangkat aja pienya keluar oven dari pada berbau gosong. pelajaran berharga ternyata karamel nga bisa dibaking bersama cairan....

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...