Saturday 26 January 2013

Caramel n dulce de leche Apple Cake

Resep ini nemu di buku resep yang aku beli zaman masih SMU dulu, hampir 14 tahun yang lalu. Kini buku itu tampak lusuh, tidak bersampul sehingga aku nga tau resep di buku ini karangan siapa, tapi aku ingat sekali kalo ini adalah buku kumpulan resep Majalah Nova.

Aku juga modifikasi dikit resep cake ini. Di resep asli aerasi mengunakan soda kue, tapi aku pakai teknik creaming butter yaitu dengan mengocok margarin hingga lembut. Lalu aku juga tambahkan dulce de leche, yaitu susu kental manis yang dikaramelisasi, yang aku karamelkan bersama gula pasir. Ok, ini resepnya :

Bahan:
200 gr gula pasir
50 cc air
200 gr margarine
6 butir telur
200 cc susu kental manis
250 gr tepung terigu
1 sdt soda kue (aku : nga pakai)
150 gr apel, parut kasar (aku ; 230 gr)

Cara membuat versi aku:
Pertama kali buat karamelnya, lelehkan gula dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan lalu masukkan susu kental manis aduk hingga tercampur rata dengan caramel gula dan berwarna coklat lalu masukkan air, aduk rata, dinginkan di suhu ruang.
Olesi dengan mergarin dan tepung loyang 20x20 cm. Kocok margarine hingga creamy masukkan caramel yang telah dingin kocok hingga caramel tercampur rata, lalu masukkan telur satu per satu. Kemudian masukkan terigu secara bertahap mixer sebentar dengan speed rendah agar tidak terbentuk gluten. Lalu masukkan apel. Nah karena aku lagi-lagi bikinnya buru-buru kelupaan marut apelnya, huhu,,,.  Tuang dalam loyang dan oven dengan api sedang hingga matang.

Hasilnya: karena kelupaan marut apelnya, jadinya tekstur cake rada padat. Meski tetap lembut dan enak, tapi mestinya cake ini bisa lebih lembut lagi jika apelnya di parut . Yah, nga apalah. Mmmm.. wangi karamelnya mengingatkanku pada kue cake australi andalan nenekku. Mencium aroma kue ini membawaku pada suasana hari pertama idul fitri, karena kue nenekku telah siap nangkring di meja makan yang harumnya memenuhi ruangan. Ok, overall cake ini cukup enak…

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...