Sunday 24 February 2013

Cake Tape enak..

Dulu sekali (masa SMU), aku sering bikin cake tape ini. Rasanya sungguh enak, aroma tape yang dipanggang berpadu dengan aroma susu fullcream, wuihh benar-benar mengiurkan. Bahkan saat aku memotret cake ini, sehari setelah cakenya dibuat, aromanya masih tercium kuat dan benar-benar mengoda selera. Jadi ceritanya, motret dua kali, sambil icip sekali lalu jepret lagi sekali, icip lagi, hahaha,,,,.

Melihat sepintas teksturnya, cake ini seperti terlihat padat. Padahal tidaklah demikian, cake ini lembut banget selembut tape singkong. Cake ini patut dicoba dan hasilnya nga akan mengecewakan. Resepnya aku lihat dibuku kumpulan resep cake nova, bukunya udah nga bersampul jadi aku nga bisa nulis sumber pengarang resepnya siapa, maaf ya buk yang punya resep :). Ini resepnyayang juga telah aku modifikasi:

Bahan:
Margarine 350 gr (aku: 200 gr)
Gula pasir 300 gr (aku: 170 gr, blender 100 gr unutk dicampur ke kocokkan margarine dan sisanya 70 gr untuk dicampur ke kocokkan putih telur)
Telur7 butir (aku: 4 butir, pisahkan putih dan kuningnya)
Tepung terigu 225 gr (aku: 120 gr)
Tepung maizena 30 gr (aku: 20 gr)
Susu bubuk fullcream 25 gr (aku: 40 gr) 
Tape singkong 150 gr (aku: 160 gr, lumatkan dan buang serat bagian tengahnya)
Coklat pasta 1 sdm (aku: 2 sdm coklat bubuk)

Cara membuatnya:
Ayak bahan kering: terigu, maizena, dan susu bubuk, sisihkan. Olesi loyang 22x22x5 cm denagn margarine lalu beri kertas minyak. Ayak bahan kering, sisihkan. Mixer margarine dan gula hingga creamy. Lalu masukkan kuning telur satu-persatu kocok lagi hingga mengembang. Masukkan tape singkong, lalu masukkan dalam 3 tahap bahan kering, kocok dengan kecepatan rendah saja dan sebentar saja agar glueten tak terbentuk, sisihkan. Kocok putih telur hingga setengah mengembang masukkan 70 gr gula pasir lalu kocok hingga soft peak. Lalu campur kocokan putih telur ini ke adonan margarine dengan cara aduk balik. Tuang ke loyang dan bakar dengan temperature 170*C selama 40 menit, atau kenali oven masing-masing.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...