Wednesday 12 December 2012

Bolu gulung chiffon

Kemarin udah coba bolu gulung dengan base cake hongkong tapi kok ya masih belum sesuai harapan. Trus terbesit ide untuk membuat bolu gulung dengan teknik chiffon dan terfikir juga unutk mensubtitusi sebagian minyak gereng dengan butter leleh. Pernah aku baca kalo pengunaan minyak pada chiffon bisa di subtitusi dengan butter tapi akan menghasilkan tekstur yang agak padat dalam arti nga seringan tekstur chiffon dengan menggunakan minyak, benarkah???. Mari kita bereksperimen, kali aja OK. Untuk resepnya aku lihat di sini.

Bahan Cake:
125gr terigu (aku: 140 + 1 sdm susu bubuk)
aku: ½ sdt vanilla bubuk
aku: ¼ sdt BP double acting
50gr gula halus (aku: gula pasir biasa)
70ml minyak goreng (70 gr, bukan volume ya tapi berat + 20 gr butter leleh)
100ml susu cair (aku: 110 ml)
5btr kuning telur
5btr putih telur
1/2sdt garam
75gr gula pasir (aku 90 gr)
aku: 1 sdm air jeruk nipis
75gr selai jeruk (nga pakai)


Bahan Selai (versi aku):
150 gr margarin, yang berkualitas ya
50 ml susu kental manis
keju cheddar

cara membuat:
1. ayak tepung terigu, susu bubuk, BP double acting, vanili. tambahkan gula halus. aduk rata
2. campur minyak goreng dan susu cair,  sampai rata. tuang ke capuran tepung terigu sedikit² sambil diaduk rata
3. tambahkan kuning telur, aduk rata. sisihkan (kalo aku karena nga pakai gula halus, jadi gula dan seluruh kuning telur aku mixer sampai selurh gula larut, baru dicampur sedikit-sedikit ke adonan tepung)
4. kocok putih telur, garam,dan gula hingga kaku.
5. tuang ke campuran terigu sedkit² sambil diaduk perlahan, nah kalo aku kebalikannya mencampurkan adonan terigu ke kocokan putih tel dalam 3 tahap.
6. tuang diloyang 28x28x4 yang dialasi kertas roti tanpa dioles margarin
7. oven 30menit dengan suhu 180 derajat
8. oles cake dengan selai jeruk. gulung dan padatkan. seputar bolu gulung dan tips ya bisa lihat di sini.

cara membuat selai cream :
Kocok margarin hingga kaku lalu masukkan susu kental manis, lalu kocok lagi hingga mengembang. Kemudian oles cake dengan crea ini, lalu parutkan keju diatasnya,lalu gulung.

Hasilnya: enak banget cakenya... lembut teksturnya. Aku puas banget dengan hasil eksperimen kali ini. Mengapa aku milih cream dibandingkan selai buah-buahan....????. Kandungan lemak yang nga bayak pada cake dan nga pakai banyak kuning telur, menurutku selai yang cocok adalah tipe cream bukan tipe selai buah-buahan (menurutku lo..). Tekstur cake yang berpori-pori ini karena adonan terigu tidak tercampur rata ke adonan putih telur, hasilnya ya bolong-bolong kayak gambar di atas. Aku pernah baca kalo sebaik ya terigu yang dicampur dengan bahan cair hanya sebagian saja, sebagian lagi diayak ke adonan terigu yang telah dicampur dengan kocokan putih telur, kata ya tekstur cake akan halus ga berpori. Mmmm..., ok lain kali aku coba teknik ini.

2 comments:

Priscilla said...

Hallo mbak Naila :) Sebelumnya terimakasih ya mbak atas semua jawaban2 mbak utk pertanyaan sy. Semoga sukses selalu utk mbak Naila,& semoga kemurahan hatinya mendapatkan pahala :D Ada yg ingin sy tanyakan. Sy tertarik utk mencoba tehnik sebagian tepung dimasukkan terakhir. Apakah mbak Naila sdh mencobanya? Kalo dlm tepung dicampur coklat bubuk apakah tdk apa jg diperlakukan dg tehnik tsb? Oya mbak, sy jg pernah mendengar ada tehnik mencampurkan maizena ke dlm kocokan putih telur, apakah mbak Naila pernah mendengarnya jg? Mungkinkah logikanya jk dicampur maizena itu dpt menghaluskan gelembung2 dlm putih telur yg nantinya jg akan berpengaruh pd pori2 cake? Bgmn menurut mbak Naila?
Dan 1 lg mbak, apakah mbak jg pernah mendengar & mencoba pengaruh madu pada cake yg katanya dpt mempertahankan ke'moist'an cake berhari2? Sy pernah coba, memang benar, tp cake jd berat & ambles. Sy masih belum ada power utk mengotak atik lg resepnya. Bgmn jg menurut mbak meng hal tsb? Trmksh sebelumnya ya mbak. Senang berdiskusi dg mbak Naila ^_^

journal ibu hanif said...

Hallo jg mbak priscilla. Amin.., trnksih.sya cba jwb y mbak..
1. Sudah pernah sy cba, sbgian trgu yg dcampur trakhr membantu mengikat margarin leleh dan mminimalkan mrgarin mgendap, yg mrupkan penyebb kbntatan.
2. Coklat bubuk mgndung lmak, jika ingin mencampur dgn trigu sbaikny tdk diaduk terlalu lma krn adonan akan trun bhkan bantat..
3. Ya, benar mbak maizena yg dcmpur k putih telur menghasilkn tekstur pori yg seragam, teknik ini biasa digunakan pd japanese roll cake mbak..
4. Nah mencampur madu k adonan cake br sy cba kmrin, bnr adonan lmbut tp nga kembang, spertiny penambhan mdu cocokny untuk tipe butter cake, pound cake, muffin. Di resep muffin yg sy buat, sy mensbtitusi sebagian gula dengan madu dan hasilnya memang lembut mbak...
Semoga jwban sy yg msih amatiran ini bisa memuaskan ya mbak..
Happy baking....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...