Monday 10 December 2012

Makanan hanif keluar lewat hidung

Sering kali ada hal-hal mengejutkan tiba-tiba terjadi pada pada hanif yang membuatku panic. Misalnya tadi sore saat aku suapkan makan tiba-tiba hanif muntah kemudian muntah lagi disertai keluarnya makanan tersebut dari hidungnya. Matanya merah berair, sepertinya hidungnya terasa perih. Namun yang aku cemaskan makanan itu terhirup masuk paru-parunya, sebab hanif belum mengerti cara menghembus lewat hidung.

Aku lari mengambil kain lap, takut makanan yang keluar dari hidung hanif dihirupnya kembali, karena sering aku perhatikan setiap ada yang menempel di pingir hidungnya, hanif malah menghirupnya. Kemudian dengan sigap aku lap makanan yang kelaur dari hidung hanif, kemudian keluar lagi, untungnya hanif tidak menghirup makanan itu. Sesaat kemudian ia kesedaan lagi dan makanan itu keluar algi dari hidungnya. Hidung hanif mulai mengeluarkan ingus beserta sisa makanan yang masih berasa di rongga hidungnya, aku terus mengelap cairan itu. 

Beberapa menit kemudian hidung hanif masih megeluarkan ingus dan banyak. Sampai 1 jam kemudian ingusnya berhenti. Alhamdulillah aman….

Aku sempat menganalisa penyebabnya. Kalau aku ingat-ingat lagi saat di tripod chairnya tapi hanif seperti mengejan mau pup gitu tapi aku nga begitu merespon. Karena tanggung makanannya tinggal dikit lagi, jadi aku nga mengeluarkan hanif dari tripod chairnya. Ditambah lagi ada bagian makanan hanif yang kasar dan menyentuh rongga mulut bagian dalam masih sensitive membuat hanif mual dan muntah. Makanan kasar yang bikin hanif mual ditambah dorongan mengejan itu seperti menyebabkan makanan masuk ke rongga hidungnya. Ini analisa ku sih, versi medisnya nga tau deh.

Kesimpulannya, lain kali jika hanif memperlihatkan tanda-tanda mau mengejan memang sebaiknya mengentikan pemberian makan sampai ia selesai pup. Tampaknya hanif juga masih belum bisa menerima makanan kasar yang nga lumer di mulut ketika di emutnya, sperti serat daging atau ayam.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...