Monday 10 December 2012

Bolu gulung hongkong: experimen 1

Kemarin gagal lagi bikin bogul sponge cake, padahal aku udah yakin betul sudah memahami penyebab cake yang bantat, tapi ternyata jika tanpa mengunakan emulsifier peluang sponge untuk gagal lebih besar. Ok kali ini aku pakai resep yang nemu di blog NCC bogul week. Ini resepnya dan sedikit aku modif:



Bahan A:
4 kuning telur
30 gram gula pasir
1 sdt emulsifier (1/2 sdt)
1/4 sdt vanilla
1 sdm susu cair (aku 1 1/2 sdm susu cair full cream)

Bahan B:
4 putih telur
1/4 sdt garam (nga pakai)
1/2 sdt air jeruk nipis (pengganti cream of tar tar) (aku 1 sdt air jeruk nipis)
50 gram gula pasir (aku 40 gr)

Bahan C:
60 gram terigu
15 gram maizena (aku : 20 gr)
1/4 sdt baking powder
---> Campur dan ayak

Bahan D:
1 sdt pasta pandan atau pasta strawberry (nga pakai)
60 gram butter/margarine, lelehkan

Filling : 
selai blueberry
dan disiram dengan ganache (nga pakai)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan loyang persegi ukuran 26x26x4 cm (aku mengunaka loyang 30x 30 cm). Olesi dasarnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Bahan A: Kocok kuning telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental dan putih. Masukkan vanilla dan susu cair, kocok rata. Sisihkan.
3. Bahan B: Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang soft peak.
4. Masukkan bahan A (kuning telur) sedikit demi sedikit ke bahan B (putih telur) sambil dikocok perlahan hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan C (campuran terigu) aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
6. Masukkan bahan D (pasta pandan dan butter/margarin leleh), aduk balik dengan spatula hinga rata dan homogen.
7. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang 15-20 menit. 
8. Balik cake, oleskan selai blueberry. Gulung & padatkan. lalu siram dengan ganache.


Hasilnya: terlalu lembut, hingga agak sulit dipotong, lain kali aku akan coba tambahkan lagi bahan kering seperti susu bubuk 2 sdm, mudah mudahan aja sukses. Cake ini juga agak beremah gitu, analisaku bisa jadi karena margarin yang aku campurkan terlalu panas hingga tekstur cake jadi beremah.

Karena kandungan lemak pada cake ini sedikit filling yang cocok menurutku adalah butter cream dibandingkan selai yang berasa buah-buahan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...